Breaking News:

Malang Raya

Begini Dampak Pemberlakuan Kurikulum 2013 di SMK

Dia mengibaratkan seperti guru mendapat sim A dan sim C. Namun sertifikat akan diberikan setelah guru lulus pada tahapan yang dilalui.

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Rakor teknis persiapan program keahlian ganda di Hotel Savana, Kota Malang, Kamis (2/3/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Dampak dari pemberlakuan kurikulum 2013 (K13) adalah adanya mata pelajaran (mapel) yang tidak terpakai di SMK. Makanya guru diikutkan paket keahlian produktif.

Selain itu, ada juga mapel yang mudah membuatt jenuh, seperti matematika, fisika untuk guru SMA dan SMK.

“Beberapa mapel yang tidak dipakai lagi di SMK dalam K13, seperti IPS, kewirausahaan. Selain itu juga guru-guru yang mapelnya sudah jenuh seperti matematika,” jelas Kasiman,
Kabid Program dan Informasi P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Tenaga Kependidikan) bidang otomotif dan elektronika kepada SURYAMALANG.COM, Kamis (2/3/2017).

Menurutnya, guru di seluruh Indonesia ditawarkan 51 program keahlian, yaitu pertanian, bisnis pariwisata, seni budaya, perikanan dan kelautan, teknologi, dan industri kreatif.  Guru yang ikut program keahlian ganda akan mendapat sertifikat kedua.

“sertifikat pertama dari mapel pertama. Sedangkan sertifikat kedua dari mapel yang produktif,” tambahnya.

Dia mengibaratkan seperti guru mendapat sim A dan sim C. Namun sertifikat akan diberikan setelah guru lulus pada tahapan yang dilalui.

Kekurangan guru produktif di Indonesia mencapai 91 ribu ornag. Cara tercepat mencetak guru teknik adalah dengan program keahlian ganda.

Guru yang ikut program ini pada Desember 2016-Februari 2017 sudah belajar mandiri untuk tiga modul. Para guru didampingi guru produktif sesuai pilihannya.

Misalnya, guru matematika memilih mapel multimedia. Maka guru itu didampingi guru multimedia untuk menjalankan modul mandiri.

“Jika lulus, mereka akan ikut diklat selama dua bulan,” tandasnya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved