Breaking News:

Malang Raya

Masa Tunggu Lulusan Universitas Negeri Malang Terserap Kerja Kurang dari 6 Bulan

70 persen lulusan UM hanya perlu menunggu kurang dari 6 bulan untuk mendapatkan pekerjaan. Masa tunggu tersebut terhitung cepat

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Hiring and recruitment oleh IKA UM untuk lulusan yang dibuka oleh Wakil Rektor 3 UM. 

Masa Tunggu Lulusan UM Terserap Kerja Kurang dari 6 Bulan

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Dalam kegiatan Hiring and Recruitment yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Malang (UM), Kamis (2/3/2017), Wakil Rektor 3 UM, Dr Syamsul Hadi MPd MEd menyampaikan kebanggannya pada alumni UM.

Karena, 70 persen lulusan UM hanya perlu menunggu kurang dari 6 bulan untuk mendapatkan pekerjaan. Masa tunggu tersebut terhitung cepat untuk ukuran banyaknya lulusan sarjana di Indonesia saat ini.

"Salah satu parameter kesuksesan suatu perguruan tinggi adalah lulusannya cepat mendapat kerja, dan itu berarti UM sudah memenuhi satu parameter perguruan tinggi sukses," katanya.

Parameter kesuksesan perguruan tinggi berikutnya adalah mahasiswanya lulus tepat waktu, memiliki nilai IPK tinggi, dan gaji pertama lulusan terhitung tinggi.

Untuk parameter terakhir, Syamsul menanggapinya dengan sedikit tawa. "Sayangnya hampir 70 persen lulusan UM yang cepat dapat kerja itu pula, gaji pertamanya cenderung masih rendah. Bahkan masih di bawah satu juta," ujarnya.

Meskipun lulusan cepat terserap pekerjaan, namun menurut Syamsul, UM masih punya PR untuk meningkatkan indikator gaji pertama lulusannya. "Yang mendapatkan gaji di atas Rp 10 juta setelah dua tahun bekerja saja juga masih di bawah 5 persen," tutur Syamsul.

Ia berharap dengan kegiatan IKA UM Hiring and Recruitment ini dapat membantu tidak hanya mempercepat keterserapan kerja lulusan tapi juga meningkatkan gaji pertama lulusan UM.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved