Malang Raya

Pondasi Jembatan Brantas Nyaris Ambrol, BPBD Kota Batu Imbau Beri Penyangga Sementara

Kepala BPBD Kota Batu, Sasmito, mengatakan pondasi Jembatan Sungai Brantas yang rawan ambrol itu harus segera diberi penyangga karena potensi ambruk

Pondasi Jembatan Brantas Nyaris Ambrol, BPBD Kota Batu Imbau Beri Penyangga Sementara
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Kondisi Jembatan Sungai Brantas yang menjadi penghubung Kecamatan Kota Batu, Selecta, dan Karangploso mengalami pengikisan. Akibatnya pondasi bawah menggantung dari dasar sungai setinggi 1,5 meter, Minggu (5/3/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Terkikisnya pondasi Jembatan Sungai Brantas Kota Batu di perbatasan kelurahan sisir, dinilai rawan ambrol.

Apalagi jembatan itu merupakan penghubung antara Kecamatan Batu, Selecta, dan Karangploso, Kabupaten Malang.

Kepala BPBD Kota Batu, Sasmito, mengatakan pondasi Jembatan Sungai Brantas yang rawan ambrol itu harus segera diberi penyangga karena berpotensi ambruk. Apalagi saat ini intensitas hujan masih tinggi.

"Jembatan itu banyak dilalui kendaraan bermuatan lebih. Banyak juga bus pariwisata. Apalagi hujan masih sering terjadi. Kalau sungainya meluap pondasi bawah itu bisa terkikis habis," ujarnya, Senin (6/3/2017).

Meskipun sudah dilakukan pengukuran oleh pihak terkait, pihaknya meminta agar segera diberi pondasi sementara. Seperti batu besar sebagai penyangga sementara.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pondasi bawah Jembatan Sungai Brantas Kota Batu terkikis. Tak hanya satu sisi saja, dua sisi kaki jembatan terkikis karena air sungai meluap.

Jembatan ini masuk ke dalam ranah Provinsi Jatim. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, sudah melaporkan ke Dinas PUPR Provinsi.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved