Breaking News:

Malang Raya

Wakil Rektor Universitas Negeri Malang Ungkap Penyebab Keolahragaan Sepi Peminat

Hariyono mengatakan negara maju sudah mengaplikasikan pendidikan tersebut untuk meningkatkan prestasi atlet sehingga dapat mencapai hasil maksimal.

SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Kegiatan di Laboratorium Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (UM), Senin (6/3/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Pendaftar Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di  Universitas Negeri Malang (UM) melonjak pada hari terakhir pendaftaran. Namun, peminat Program Studi Keolahragaan masih minim.

Pada hari terakhir pendaftaran, Senin (6/3/2017), pendaftar Prodi Ilmu Keolahragaan UM baru 18 orang untuk kuota sebanyak 15 mahasiswa. Sedangkan peminat Prodi Kepelatihan Olahraga sebanyak 61 orang. Jumlah tersebut jauh di bawah prodi lainnya yang minimal menjaring sekitar 100 pendaftar.

Wakil Rektor 1 UM, Prof Dr Hariyono MPd mengatakan UM memang masih belum maksimal mensosialisasikan Prodi Olahraga ke masyarakat. Jadi, masyarakat belum banyak memahami kebutuhan lulusan olahraga di Indonesia.

“Sebenarnya setiap gerak dan aktivitas atlet ada landasan teorinya. Itulah pentingnya prodi keolahragaan. Tidak hanya sekadar sehat, tapi juga pengembangan,” ujar Hariyono.

Mayoritas staf dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan merupakan lulusan ilmu alam dan kedokteran. Hariyono mengatakan negara maju sudah mengaplikasikan pendidikan tersebut untuk meningkatkan prestasi para atlet sehingga dapat mencapai hasil maksimal.

“Memang belum terlalu populer di Indonesia. Pendaftar pada tahun lalu hanya sebanyak 64 orang,” imbuhnya.

Hariyono memperkirakan tidak akan ada perubahan signifikan pendaftar prodi Keolahragaan sampai penutupan malam nanti. Pendaftar SNMPTN Prodi Keolahragaan belum tentu akan memenuhi kuota SNMPTN. Mahasiswa yang diterima tetap diseleksi sesuai persyaratan.

“Bila yang memenuhi syarat tidak sebanyak kuota yang disediakan akan dialihkan dan ditambahkan untuk kuota SBMPTN,” jelasnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved