Malang Raya

Komunitas Perpustakaan GPAN Kesulitan Mencari Buku Ini, Bisa Membantu?

Keberadaan buku berkualitas dinilai bisa meningkatkan minat baca pada buku. Namun untuk mendapatkan buku-buku bagus tidak mudah .

Komunitas Perpustakaan GPAN Kesulitan Mencari Buku Ini, Bisa Membantu?
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Komunitas GPAN (Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara) regional Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Koleksi buku -buku bermutu dinilai menjadi kebutuhan penting bagi pengelola perpustakaan mandiri. Kebutuhan inipula yang dirasakan Komunitas GPAN (Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara) regional Malang.

Komunitas yang baru lahir sekitar dua tahun ini berusaha lebih agresif menghadirkan perpustakaan- perpustakaan baru di beberapa lokasi. Pendirian perpustakaan baru menjadi bagian program kerja meereka. 

"Tahun ini ingin membuat perpustakan baru lagi namun harus survei dulu," kata Hastia, anggota GPAN kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (15/3/2017). Ia menyebut , agar menarik perhatian, idealnya memang perpustakaan diisi dengan buku-buku bagus dan update.

Keberadaan buku berkualitas dinilai bisa meningkatkan minat baca pada buku. Namun untuk mendapatkan buku-buku bagus juga tidak mudah .

Untuk mendapatkan buku, komunitas ini mengandalkan pada donasi buku. Donasi buku kadang diperoleh dari dosen-dosen.

"Kadang kami juga membuka open donation di media sosial," tutur mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) ini. Donatur ada yang memberi buku atau uang. Jika uang, maka akan dibelikan buku.

Ada juga yang memberikan buku masih baru dalam kemasan plastik. Namun banyak juga yang memberikan majalah.

Anggota komunitas GPAN umumnya mahasiswa dari perguruan tinggi di Kota Malang. Anggotanya datang dari Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), ITN dan Universitas Merdeka Malang.

Ketua Umum GPAN regional Malang, Deviana Safitri menyebut komunitasnya pernah mengajukan proposal ke perpustakaan nasional dan mendapat donasi 200 buku.

"Selain mendapat donasi buku lewat medsos, dosen, kadang efektif dengan cara dari teman. Buku-buku non pelajaran , seperti novel, buku motivasi juga kami terima," papar dia.

Motivasi anggota komunitas saat bergabung cukup beragam. Untuk menjadi anggota komunitas biasanya ada seleksi. Saat ini jumlah anggota GPAN ada 130 an orang.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved