Breaking News:

Malang Raya

Unisma Punya Formulasi Ini untuk Hindari Konflik Multikulturalisme

"Kita harus meyakini adanya Tuhan dalam agama, namun kita juga harus meyakini adanya agama lain selain yang kita yakini. Di situ kuncinya,"

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Penyerahan kenang-kenangan dari Rektor Unisma Prof Dr H Masykuri Bakri MSi ke Dr Budhy Munawar dari The Asia Foundation, Rabu (15/3/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Prof Dr H Masykuri Bakri MSi pentingnya pemahaman multikulturalisme pada masyarakat Indonesia.

Rektor yang turut hadir dalam seminar multikulturalisme, Rabu (15/3/2017) itu mengatakan selama ini Unisma telah menjadi kampus yang menjalankan multikulturalisme dengan menerima mahasiswa dan tenaga pengajar dari berbagai suku, ras, etnis, dan latar belakang agama.

"Kami menghindari adanya konflik multukulturalisme di Unisma dengan formulasi pembelajaran dalam bentuk pendidikan untuk menjaga keseimbangan dalam perbedaan," jelasnya.

Sebagai penduduk negara yang menjunjung Bhinneka Tunggal Ika, menurut Masykuri, masyarakat Indonesia harus memahami pentingnya menghargai perbedaan keragaman suku, budaya, agama, dan etnis. "Dengan hidup berdampingan, negara kita akan tetap stabil," katanya.

Yang tidak dan kurang memahami, tentu akan menciptakan konflik dalam hal multikulturalisme, khusunya yang paling sensitif yakni kebebasan beragama.

"Kita harus meyakini adanya Tuhan dalam agama, namun kita juga harus meyakini adanya agama lain selain yang kita yakini. Di situ kuncinya," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Masykuri juga menanggapi buku ajar karangan Dr Budhy Munawar dari The Asia Foundation mengenai multikulturalisme.

"Semoga umat beragama dapat tercerahkan dengan adanya buku ini dan dapat kembali ke jalan yang benar dengan cara arif dan bijaksana," katanya. Ia yakin, buku ajar tersebut berusaha untuk membenteni bangsa dan negara supaya masyarakat memiliki pendidikan multikultural

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved