Breaking News:

Malang Raya

Siswa MAN 3 Malang Berjaya di Olimpiade Sains, Tapi Ada Kendala Ini

Karena tidak ada anggaran khusus dari Pemprov Jatim, maka ada wacana sekolah yang siswanya akan mewakili kota ke Jatim akan berkolaborasi.

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Sebanyak 24 siswa MAN 3 Kota Malang berjaya di Olimpiade Sains tingkat kota pekan lalu.

"Mereka mendominasi kemenangan di lomba sembilan mata pelajaran (mapel) yang diikuti SMA negeri dan swasta," jelas Adi Prajitno, Kepala Cabang Dindik Jatim wilayah Kota Malang dan Kota Batu kepada SURYAMALANG.COM,Kamis (23/3/2017).

Sembilan Mapel itu seperti fisika, kimia, matematika, astronomi, geografi dan TIK. "Kami mengirimkan 32 siswa waktu itu," jelas Binti Maqaudah, Kepala MAN 3 kepada suryamalang.com, Kamis (23/3/2017) ketika ditemui di sekolahnya.

Saat itu jumlah pesertanya yang ikut ada 600 lebih siswa pada kegiatan yang dipusatkan di komplek SMA tugu.
Hasilnya, siswanya ada yang masuk peringkat 1 hingga 8 per Mapel.

Namun sesuai data di cabang Dindik Jatim wilayah Kota Malang dan Kota Batu, peringkat 1 sampai 3 akan dikirim mewakili Kota Malang ke tingkat Jatim. Sedang peringkat 4 dan 5 diusulkan untuk dikirim.

Binti mengaku bangga dengan prestasi siswanya. Untuk pembinaannya ke provinsi, lanjut dia, karena tidak ada anggaran khusus dari Pemprov Jatim, maka ada wacana sekolah yang siswanya akan mewakili kota ke Jatim akan berkolaborasi.

"Misalkan yang menang di Mapel biologi ada dari sekolah lain, bisa kolaborasi agar bisa mengirit biaya. Ada wacana seperti itu selain dibina sendiri oleh sekolah," kata Binti. Dengan banyak siswanya yang lolos di olimpiade, menurut dia karena sekolah membina potensi siswa.

Misalkan siswa A berminat di matematika, ekonomi dll akan dilakukan pembinaan. Sehingga ada klub Mapel, kelas olimpiade dan kelas unggulan empat semester. Sehingga saat ada kegiatan lomba-lomba, bisa diambilkan dari sana.

"Banyak lomba yang diikuti siswa selain olimpiade sains. Juga dari perguruan tinggi dan kegiatan non akademik," katanya. Sehingga dana-dana dari komite sekolah bisa untuk mendukung kegiatan itu. Olimpiade sains tingkat propinsi diperkirakan akan dilaksanakan pada Mei 2017

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved