Malang Raya

Pemkot Data dan Validasi PKL Alun-alun **Untuk Pembinaan dan Penataan

Dengan demikian nantinya seluruh PKL alun-alun akan bisa direlokasi dan kawasan alun-alun betul-betul bebas dari PKL.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Pasar laron yang ada di kawasan alun-alun kota Batu tempat sementara para PKL setelah dilarang jualan di trotoar alun-alun Kota Batu, Minggu (26/3/2017). 

SURYAMALANG.COM,BATU - Pemkot Batu berupaya melakukan pendataan pedagang kaki lima (PKL) alun-alun Kota Batu. Langkah Ini dilakukan karena selalu ada perubahan data pedagang.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu, Bambang Kuncoro mengatakan, dalam pendataan awal jumlah PKL alun-alun Kota Batu ada di kisaran 150 PKL. Namun hingga sekarang jumlah PKL di kawasan alun-alun mencapai sekitar 200 PKL.

"Adanya perkembangan jumlah PKL di alun-alun Kota Batu terus kami lakukan pendataan dan validasi. Ini terkait penataan dan pembinaan PKL alun-alun," kata Bambang Kuncoro, Minggu (26/3/2017).

Dijelaskan Bambang, pendataan terhadap PKL alun-alun selain dalam rangka penataan, juga dimaksudkan terkait penyediaan tempat relokasi yang akan disiapkan Pemkot Batu.

Pemkot Batu akan membangun tempat pusat kuliner di alun-alun Kota Batu. Baik itu yang akan ditempatkan di gedung Ganesha juga di depan Plaza Batu. Dengan demikian nantinya seluruh PKL alun-alun akan bisa direlokasi dan kawasan alun-alun betul-betul bebas dari PKL.

"Itu juga menjadi jaminan kenyamanan bagi warga dan pengunjung alun-alun kota Batu bila kondisinya terbebas dari PKL," ucap Bambang Kuncoro.

Keberadaan PKL di kawasan alun-alun terutama yang ada di titik-titik larangan berjualan sempat menjadi target penertiban Satpol PP Pemkot Batu. Namun adanya penertiban tersebut tidak membuat persoalan selesai tapi justru semakin banyak PKL yang melanggar zona larangan berjualan.

"Untuk itu, kami telah berkoordinasi dengan Satpol PP dan pihak terkait setiap dilakukan penertiban. Dengan demikian penertiban tersebut tidak selalu menimbulkan keributan dan kondisi aman kawasan alun-alun tetap terjaga," tutur Bambang Kuncoro. 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved