Malang Raya

Kabupaten Malang Ternyata Menarik bagi Program S2 UGM, Ini Buktinya

Nantinya para mahasiswa melakukan kegiatannya dengan tema Kajian Karakteristik Ekorigion dan Inventarisasi Data Lingkungan

Kabupaten Malang Ternyata Menarik bagi Program S2 UGM, Ini Buktinya
SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Bupati Malang saat menemui perwakilan Program S2 Ilmu Lingkungan Minat, Magister Pengelolaan Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Program S2 Ilmu Lingkungan Minat, Magister Pengelolaan Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta memilih Kabupaten Malang untuk Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Rencananya 26 mahasiswa dan empat dosen pembimbing melakukan penelitian di Kabupaten Malang, 6 hingga 10 Mei mendatang.

Hal tersebut disampaikan Wakil Pengelola Program S2 Ilmu Lingkungan Minat Magister Pengelolaan Lingkungan Pasca Sarjana UGM, Dr Langgeng Wahyu Santoso, saat bertemu Bupati Malang, Rendra Kresna di Pendopo Agung, Rabu (29/3/2017).

Nantinya para mahasiswa melakukan kegiatannya dengan tema Kajian Karakteristik Ekorigion dan Inventarisasi Data Lingkungan sebagai kerangka dasar penyusunan rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Malang.

"Kajian akan berdasar konsep teori di dalam kelas, juga hasil di lapangan. Nantinya akan diidentifikasi permasalahan dan potensi yang ditemukan di lapangan," ujar Langgeng.

Hasil kajian nantinya akan disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Malang. Selain itu, hasil kajian juga akan menjadi masukan untuk mendukung program yang telah ditetapkan Bupati. Bahkan jika ada informasi yang selama ini belum terungkap, juga akan disampaikan.

Masih menurut Langgeng, setiap tahun UGM mengadakan kegiatan KKL. Kegiatan ini biasanya dilakukan di Jawa Barat, Jawa tengah dan Yogyakarta. Namun beberapa tahun berakhir Jawa Timur dipilih sebagai lokasi KKL.

"Khusus Kabupaten Malang dipilih, karena fisiografisnya di antara selatan dan tengah Pulau Jawa. Selain itu, Kabupaten Malang secara kajian miliki ekorigion, yaitu daratan atau perairan besar dan berisi spesies-spesies, komunitas alam serta kondisi lingkungan yang bersatu secara nyata dalam sebuah lingkup geografis," tuturnya.

Kabupaten Malang dinilai unik. Karena wilayah selatan mempunyai karakteristik tektonik, bebatuan keras, kars (gamping). Sementara di wilayah tengah berupa vulkanik dan sungai,” tambah Langgeng.

Bupati Malang, Rendra Kresna mempersilakan wilayahnya dijadikan lokasi KKL. Bahkan Rendra mengucapkan terima kasih, dan berharap ada hasil kajian yang memberi manfaat untuk Kabupaten Malang. Rendra menyatakan dukungan penuh atas kegiatan ini.

"Nanti secara teknis langsung berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup," ujar Rendra.

Penulis: David Yohanes
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved