Traveling

VIDEO : Seperti Ini Kampung Budaya Polowijen di Kota Malang

"Nguri-uri budaya itu sangat penting, dan saya mengapresiasi ini. Ke depan kami proyeksikan daerah ini sebagai salah satu tempat kunjungan wisata,"

SURYAMALANG.COM, BLIMBING  - Kampung tematik di Kota Malang bertambah lagi. Kampung ini menyebut dirinya 'Kampung Budaya' yang bertempat di Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang.

Kampung Budaya Polowijen, demikian nama lengkapnya.

Wali Kota Malang Moch Anton meresmikan Kampung Budaya Polowijen, Minggu (2/4/2017).

Dalam pidatonya, Anton mengapresiasi pembentukan Kampung Budaya Polowijen. "Nguri-uri budaya itu sangat penting, dan saya mengapresiasi ini. Ke depan kami proyeksikan daerah ini sebagai salah satu tempat kunjungan wisata," ujar Anton.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, pihaknya akan terus mendorong supaya Kampung Budaya Polowijen memiliki ciri khas sehingga bisa menjadi sasaran kunjungan wisatawan.

Ia menilai, kampung tersebut sudah memiliki ciri khas yakni Tari Topeng Malangan. Hal itu diperkuat dengan keberadaan makam Mbah Reni atau Ki Condro Suwono, maestro penari Topeng Malangan.

Kampung Budaya Polowijen, yang terletak di Kelurahan Polowijen itu bertetangga dengan Terminal Arjosari. Ia terletak di sisi barat flyover Jl Ahmad Yani Utara, dan harus masuk beberapa ratus meter dari pintu gerbang menuju kelurahan yang berada di pinggir Jl Ahmad Yani Utara.

Nantinya, pusat Kampung Budaya Polowijen bisa dilihat di Jl Cakalang Gang Ledoksari. Gang itu berada di pinggir sawah, di selatan makam Mbah Reni. Gang itu juga jalan menuju sumur windu Ken Dedes.

Bagaimana kondisi dan reaksi warga dengan keberadaan kampung Budaya Polowijwn ini? simak videonya... 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved