Traveling

VIDEO : Simak Sejarah Alun- alun Kota Malang di Kegiatan Ini

Kegiatan ajar pusaka budaya 'Historitas Alun-Alun Kembar, dari Alun-Alun Kota Menuju Alun-ALun Bundar'ini dalam rangka memperingati HUT kota Malang.

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Ada jeda waktu sekitar 63 tahun antara berdirinya Kabupaten Malang, dengan Alun-Alun Malang. Kabupaten Malang berdiri tahun 1819, sedangkan ALun-ALun Malang berada berdiri tahun 1882. Apakah ketika Kabupaten Malang terbentuk, dengan bukti berdirinya Pendapa Kabupaten Malang, kabupaten ini tidak memiliki alun-alun?.

"Saya kira tidak. Pasti ada alun-alun di dekat pendapa. Dan ingat Pendapa Kabupaten Malang menghadap selatan. Bagi yang belajar sejarah tata kota jaman dulu, pasti akan bertanya masak Pendapa Kabupaten Malang ini nyalahi pakem. Saya kira jawabnya tidak," ujar sejarawan Dwi Cahyono kepada puluhan orang yang mengeruminya di bawah pohon beringin di Alun-Alun Malang, Minggu (2/4/2017).

Kalimat tanya, juga jawaban Dwi itu menjadi pembuka dalam kegiatan ajar pusaka budaya bertema 'Historitas Alun-Alun Kembar, dari Alun-Alun Kota Menuju Alun-ALun Bundar'. Kegiatan belajar sejarah ini masih dalam rangka memperingati HUT ke-103 Kota Malang, 1 April 2017. Kegiatan itu digelar oleh sejumlah komunitas. Sejarawan dari Universitas Negeri Malang, Dwi Cahyono menjadi narasumber dalam sinau sejarah ini.

Pertanyaan dari Dwi tentang Alun-Alun Malang, yang kii dikelilingi oleh Jl Merdeka Utara, Selatan, Timur, dan Barat, itu membuka kelas luar ruang itu. Dwi menegaskan kalau Pendapa Kabupaten Malang yang kini terletak di Jl Agus Salim Kota Malang, tidak menyalahi pakem.

Bagaimana kisah alun-alun dan kegiatan selengkapnya, simak Video di atas.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved