Malang Raya

Kanim Malang Tolak 27 Paspor, Ternyata Ada Kecurigaan Ini

Beberapa pemohon paspor yang ditolak itu ada yang membuat paspor untuk keperluan umrah ke Arab Saudi.

Kanim Malang Tolak 27 Paspor, Ternyata Ada Kecurigaan Ini
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Malang, Novianto Sulastomo menempelkan stiker di rumah warga di Pagak, Kabupaten Malang, Selasa (7/3/2017). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Petugas Kantor Imigrasi (Kanim) Malang menolak 27 pengajuan pembuatan paspor selama tahun 2017. Data itu diberikan oleh kepala Kanim Malang Novianto Sulastono kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (12/4/2017).

"Selama tahun 2017 hingga 7 April kemarin, kami menolak 27 permohonan paspor, alasannya karena terindikasi akan dipakai untuk TKI non prosedural," ujar Novianto.

Beberapa pemohon paspor yang ditolak itu ada yang membuat paspor untuk keperluan umrah ke Arab Saudi. Namun selama proses wawancara dan pemeriksaan persyaratan, petugas Imigrasi mencurigai permohonan pemohon.

Novianto menambahkan, persyaratan untuk paspor umrah antara lain dilengkapi rekomendasi dari Kementerian Agama kota atau kabupaten setempat, selain juga dari perusahaan jasa pelayanan umrah yang resmi.

Sedangkan untuk paspor bekerja keluar negeri, imbuhnya, harus dilengkapi dengan surat rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja kabupaten dan kota setempat.

Selain persyaratan tidak lengkap, petugas curiga kepada si pemohon selama proses wawancara. 'Jadi profailing selama wawancara juga penting, kadang kala kecurigaan petugas muncul di situ," tegas Novianto.

Novianto juga mencurigai adanya modus TKI baru yakni dengan memohon pembuatan paspor untuk umrah. Buntut-buntutnya si pemohon tidak kembali ke Indonesia tetapi malah bekerja di negara tersebut.

"Oleh karena itu juga sejak Januari lalu, pemohon paspor umrah harus menyertakan surat rekomendasi dari Kemenag kabupaten atau kota setempat," pungkasnya.

Modus baru yang dipakai TKI bekerja keluar negeri secara ilegal, yakni dengan memakai paspor untuk umrah. Umrah akhirnya menjadi 'pembungkus' untuk bisa melancarkan calon TKI mengajukan pembuatan paspor dan keluar negeri.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved