Breaking News:

Malang Raya

Layakkah Kota Batu Dibangun Kereta Gantung, Ini Jawaban dari Pakar Pariwisata

apabila proyek itu dikerjakan menggunakan APBD, maka tidak akan jalan. Karena menurutnya di mana-mana kalau yang menjalankan pemerintah itu sulit

Penulis: Sany Eka Putri | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Salah satu lokasi di Paralayang Kota Batu yang akan dijadikan rute Kereta Gantung, Selasa (25/4/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Sudah seharusnya megaproyek Kereta Gantung di Kota Batu segera direalisasikan. Meskipun membutuhkan dana yang besar, Pemkot Batu harus segera ambil langkah untuk menggandeng investor.

Pihaknya menilai, apabila proyek itu dikerjakan menggunakan APBD, maka tidak akan jalan. Karena menurutnya di mana-mana kalau yang menjalankan pemerintah itu sulit berkembang.

“Coba kita lihat, daerah yang menggunakan pengelolahannya melibatkan investor maka akan berkembang, dan maju. Karena semangat investor itu cocok untuk megaproyek seperti kereta gantung. Dipercepatlah lebih baik,” kata Pakar Pariwisata, Faidlal Rahman kepada SURYAMALANG.COM.

Menurutnya, penerapan Kereta Gantung di Kota Batu ini sangat memungkinkan bisa diterapkan. Karena Kota Batu berada di dataran tinggi.

Apalagi jika tujuannya ialah untuk mendongkrak wisatawan. Ia menegaskan, letak geografis Kota Batu cocok untuk diterapkan Kereta Gantung.

Faidlal menambahkan, untuk masalah tarif, tentu akan memakan biaya yang mahal. Karena keretanya didatangkan dari negara lain dan menyesuaikan kebutuhan.

Ditambahkannya, tarif bukan jadi satu hal yang perlu dikhawatirkan, karena sudah resiko apabila tarif akan diberlakukan cukup mahal. Selain itu, ia menilai, tak hanya untuk mengunjungkan destinasi wisata, tetapi juga perlu ada penekanan meningkatkan pendapatan dari UMKM dan pengusaha.

“Harus ada ruang untuk berpartisipasi dari UMKM dan pengusaha,” pungkasnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved