Malang Raya

Pameran Lukisan B to B Kolaborasikan Seniman Kota Batu-Bali

Suwandi Waeng mengatakan kegiatan ini diberi nama B to B karena mengkolaborasikan antara Bali dan Kota Batu. Bisa saja nanti menjadi Bisnis to Bisnis.

Pameran Lukisan B to B Kolaborasikan Seniman Kota Batu-Bali
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Pameran lukisan karya pelukis Bali dan Kota Batu di Galeri Raos, Senin (1/5/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Suasana Galeri Raos di Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu terlihat sepi dari luar, Senin (1/5/2017). Suasana berbeda terlihat saat masuk ke Galeri Raos.

Ada banyak lukisan terpajang rapi di dinding yang menghias seluruh ruangan galeri itu. Sekitar 19 lukisan itu karya seniman Kota Batu dan Bali.

Kolaborasi ini berawal dari pertemuan antara seniman Kota Batu dan Bali. Panitia acara, Suwandi Waeng mengatakan kegiatan ini diberi nama B to B karena mengkolaborasikan antara Bali dan Kota Batu. Bisa saja nanti menjadi Bisnis to Bisnis.

“Saat kami bertemu dengan seniman Bali, muncul ide mengadakan pameran lukisan. Temanya kami mengeksplore tentang lingkungan masing-masing,” kata Suwandi kepada SURYAMALANG.COM.

Pemilihan tema lingkungan ini agar saling mengetahui kondisi lingkungan di daerah masing-masing. Dia mencontohkan Kota Batu yang banyak lahan gundul karena pembangunan gedung bertingkat.

Ini terlihat dalam lukisan karyanya berjudul ‘Komposisi Terbalik’. Gambar bumi terbalik terlihat dalam karya itu. Posisi hutan di bawah, dan bebatuan ada di atasnya. Ada Angry Bird di tengah-tengah lukisan itu.

Suwandi mengatakan tambahan Angry Bird ini karena ada unsur permainan dalam kondisi tersebut.

“Hidup itu penuh permainan. Makanya ada beberapa tokoh Angry Bird yang saya bubuhkan dalam lukisan. Tetapi sekali lagi, penilaian setiap orang berbeda,” paparnya.

Ada sepuluh pelukis dalam pameran ini. Pelukis dari Kota Batu adalah Bambang DP, Heri Catur, Isa Ansory, Rifa’i, dan Suwandi Waeng. Sedangkan pelukis asal Bali adalah I Ketut Suasana ‘Kabul’, I Nyoman Diwarupa, I Nyoman Sujana ‘Kenyem’, I Putu ‘Bonuz’ Sudiana, dan I Wayan Suastama.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved