Malang Raya

Kini Bisa Asyik Berswafoto di Kupu-Kupu Hutan Kota Kediri

Gerbang HK Jalan Kediri dipermanis memakai rangka berdesain kupu-kupu berwarna biru mencolok mata.

Kini Bisa Asyik Berswafoto di Kupu-Kupu Hutan Kota Kediri
SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
Gerbang Hutan Kota Jalan Kediri Malang 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Penataan Hutan Kota (HK) Jalan Kediri Kota Malang sudah mulai terlihat. Pemerintah Kota Malang belum meluncurkan hasil penataan hutan kota ini ke masyarakat.

Tetapi dari pantauan SURYAMALANG.COM, beberapa pekerjaan fisik sudah selesai dilakukan. Ada pemandangan berbeda bila dibandingkan ketika SURYAMALANG.COM berkunjung ke tempat ini akhir Maret lalu.

Jembatan yang melintasi sungai di hutan itu sudah selesai dibangun. Jembatan itu terhubung dengan jalan setapak dari gebang sampai di seberang jembatan.

Gerbang HK Jalan Kediri dipermanis memakai rangka berdesain kupu-kupu berwarna biru mencolok mata. Di ujung jembatan, juga ada rangka berbentu kupu-kupu berwarna oranye dan kuning.

Area ini bisa menjadi tempat baru berswafoto. Sedangkan di ujung jalan, menempel di pagar terdapat penunjuk Hutan Kota Jalan Kediri @Mlg. Tempat itu juga bisa menjadi jujugan tempat berswafoto.

Penataan HK Jalan Kediri memakai dana APBD 2017. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang Erik Setyo Santoso menyebut penataan kawasan itu memakai dana sebesar Rp 150 juta.

"Bertujuan untuk memfungsikan kawasan ekologis agar bisa menunjang aktifitas warga,” ujar Erik, Selasa (2/5/2017). Kawasan itu selama ini sudah menjadi area ruang terbuka hijau (RTH). Namun RTH itu masih minim dipakai area bersantai oleh warga karena tempatnya rimbun dan tidak tertata.

"Ketika lebih tertata, semoga lebih berfungsi untuk masyarakat," imbuhnya.

Erik menambahkan tahun 2017, ada dua hutan kota yang ditata yakni HK Jalan Kediri dan HK Velodrome. Kota Malang memiliki tujuh hutan kota, yakni HK Malabar, Jalan Kediri, Jalan Indragiri, Jalan Jakarta, Mulyorejo, Bumi Perkemahan Hamid Rusdi, dan Velodrome.

Hutan Kota Jalan Kediri sendiri memiliki luas 5.479 meter persegi. Lokasinya diapit oleh dua jalan yakni Jalan Kediri dan Jalan Gresik. Hutan rindang yang terbilang mungil itu tidak kelihatan dari jalan raya padat kendaraan. Suasananya cukup tenang, dan dapat diakses melalui Jalan Surabaya maupun Jalan Retawu.

Lokasi HK Jalan Kediri juga berdekatan dengan pusat belanja buku Jl Wilis. Masyarakat yang usai berbelanja buku, bisa bersantai dan menikmati udara segar di HK Jalan Kediri.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved