Nasional

Cabuli Cucu Sampai Hamil, Pria Ini akan Dikenakan Sanksi Tak Biasa

Sesuai awig-awig desa, masyarakat yang melakukan hubungan intim sedarah akan dikenakan sanksi adat secara sekala dan niskala.

Cabuli Cucu Sampai Hamil, Pria Ini akan Dikenakan Sanksi Tak Biasa
IST
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, BANGLI - Kasus pencabulan yang dilakukan Jero Dindin hingga membuat cucunya hamil tidak hanya menyalahi hukum di Indonesia. Tetapi juga menyalahi awig-awig (peraturan adat) yang ada di Desa Undisan, Bangli, Bali.

Ditemui Senin (8/5/2017), Bendesa Adat Desa Adat Undisan Kelod, I Wayan Budiartha menjelaskan, sesuai awig-awig desa, masyarakat yang melakukan hubungan intim sedarah akan dikenakan sanksi adat secara sekala dan niskala.

“Sanksi niskala adalah menghaturkan banten resigana untuk membersihkan desa secara niskala. Dan untuk sanksi sekala, kedua pelaku akan diusir dari desa dan tidak boleh menginjakkan kaki di sini lagi sampai kapanpun,” tegasnya.

Budiartha melanjutkan, sebelumnya juga pernah ada kejadian serupa pada tahun 1990-an. Saat itu ada seorang ayah tiri melakukan hubungan intim bersama anak tirinya hingga hamil.

“Berdasarkan awig-awig desa, serta keputusan paruman (rapat) maka diputuskan keduanya diusir dari desa,” ucapnya.

Sementara untuk sanksi yang akan diberikan kepada Jero Dindin dan Ni Luh RR, akan diputuskan lewat paruman yang akan dilaksanakan pada Jumat (12/5/2017) mendatang.

Rapat tersebut akan melibatkan bendesa adat, prajuru adat, pemangku, sesepuh desa, serta tokoh masyarakat lainnya untuk menentukan sanksi adat yang dijatuhkan.

Editor: Zainuddin
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved