Malang Raya

Lelang Bawang Merah Senilai Rp 4,7 Miliar Bermasalah, DPRD Kabupaten Malang Akan Lakukan Ini

DPRD Kabupaten Malang bereaksi atas dugaan pelanggaran persyaratan pemenang lelang pengadaan bawang merah Pemkab Malang senilai Rp 4,7 miliar.

Lelang Bawang Merah Senilai Rp 4,7 Miliar Bermasalah, DPRD Kabupaten Malang Akan Lakukan Ini
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - DPRD Kabupaten Malang bereaksi atas dugaan pelanggaran persyaratan pemenang lelang pengadaan bawang merah Pemkab Malang senilai Rp 4,7 miliar.

Rencananya, DPRD melalui komisi yang membidangi tanaman pangan dan hortikultura akan mengundang hearing pihak terkait lelang pengadaan komoditi bawang merah yang dimenangkan CV KJA dan diduga berkantor fiktif.

Bendahara Fraksi PDIP Kabupaten Malang, Darmadi menjelaskan, pihaknya akan mengumpulkan informasi detail terkait pelelangan fasilitas bawang merah tersebut. Dengan demikian bila dugaan adanya pelanggaran persyaratan lelang maka harus ada tindak lanjut sesuai aturan.

"Untuk itu, kami akan mengumpulkan informasi detail tentang lelang bawang merah itu. Bila terindikasi ada pelanggaran lelang tentunya Komisi B yang akan menindaklanjutinya nanti," kata Darmadi, Senin (15/5/2017).

Dikatakan Darmadi, lelang pengadaan bawang merah itu memang sudah selesai dan menjadi kewenangan Pemerintah Daerah untuk menjalankan. Karena DPRD hanya sebatas menyetujui alokasi anggarannya. Namun, apabila diindikasi ada kecurangan dan pelanggaran pada proses lelang, maka harus dikaji dan diteliti lebih jauh.

"Dalam lelang itu ada aturan dan batasan yang harus dilakukan dan yang dilarang, kalaupun ada pelanggaran lelang dan persoalan maka proyek bisa dilelang ulang," ucap Darmadi.

Oleh karena itu, tambah Darmadi, pihaknya belum bisa memastikan dugaan pelanggaran dokumen lelang pengadaan bawang merah. Untuk itu, diharapkan semua pihak mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku terkait pengadaan komoditi bawang merah oleh Pemkab Malang.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved