Malang Raya

Pemkot Batu Kembangkan Usaha Gandeng Peternak Kelinci : Daging Kelinci Jadi Olahan Bakso

yang dimaksud dengan Pembangunan Kandang Terpadu Terintergritas Tanpa Limbah ini ialah bagaimana beternak kelinci tanpa membuang limbah

IST
Peternak kelinci di Bumiaji Kota Batu melakukan sterilisasi kandang kelinci. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemkot Batu tidak tinggal diam menanggapi kelesuan yang terjadi pada peternak kelinci. Dalam waktu dekat ini Pemkot Batu akan membuat program untuk peternak kelinci, yakni Pembangunan Kandang Terpadu Terintergritas Tanpa Limbah.

Kadis Pertanian Kota Batu, Sugeng Pramono mengatakan program itu akan dijalankan pada satu kelompok peternak kelinci dulu. Kelompok peternak kelinci itu ialah Kelompok Aji Jaya di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji.

Sugeng mengatakan yang dimaksud dengan Pembangunan Kandang Terpadu Terintergritas Tanpa Limbah ini ialah bagaimana beternak kelinci tanpa membuang limbah.

"Jadi bagaimana nanti kandang kelinci baik kelinci daging atau kelinci hias bisa juga dimanfaatkan untuk pertanian. Memanfaatkan limbah dari kotoran kelinci itu," kata Sugeng kepada SURYAMALANG.COM, Senin (15/5/2017).

Nantinya, lanjutnya, akan dibuat seperti rak-rak untuk kandang. Di atas atau di bawah kandang itu akan dijadikan bahan untuk pertanian. Sehingga, kelinci ternak bisa mendapatkan pakan dari pertanian yang dibuat oleh peternaknya sendiri.

Sugeng menjelaskan, program ini memang baru direncanakan tahun ini, di mana fungsinya agar peternak kelinci tak hanya mengandalkan dari ternak saja, tetapi juga bisa berkembang di bidang usaha lainnya. Dalam program itu, para peternak yang tergabung dalam kelompok Aji Jaya akan diberi bibit kelinci dan bioreaktor.

"Bagaimana caranya mereka bisa memanfaatkan limbah jadi hal yang berguna. Baik itu pakan untuk kelinci, ataupun olahan lainnya. Kalau kelinci pedaging ya bisa jadi olahan bakso," imbuh Sugeng.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved