Breaking News:

Malang Raya

Tolak Radikalisme, Dosen Buat Wadah Ini di Unisma Malang

Kegiatan tersebut diadakan Lembaga Pengkajian Islam dan Keaswajaan (LPIK) Unisma dengan tema menyemai militansi akademisi berbasis keilmuan aswaja

SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Rektor Unisma, Prof Masykuri Bakri menandatangani deklarasi ASDANU tentang tolak radikalisme, Rabu (17/5/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Sebanyak 47 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia hadir dalam Seminar Nasional dan Deklarasi Asosiasi Dosen Aswaja Nusantara (ASDANU) di Universitas Islam Malang, Rabu (17/5/2017).

Kegiatan tersebut diadakan oleh Lembaga Pengkajian Islam dan Keaswajaan (LPIK) Unisma dengan tema menyemai militansi akademisi berbasis keilmuan aswaja.

Rektor Unisma, Prof Masykuri Bakri yang membuka acara mengatakan LPIK telah menjadi motor terbentuknya stabilitas kehidupan berbangsa dan bernegara. "LPIK bergerak menuju perubahan yang lebih baik, mengubah syatis menjadi kreatif," katanya.

Ia melanjutkan, jika perguruan tinggi terdiri dari orang-orang yang berkomiment tinggi untuk meraih kehidupan harmonis dan membangun kehidupan islam nusantara, maka negeri akan aman dan tentram.

"Apa yang diprogramkan oleh ASDANU, jangan hanya wacana tapi juga ditindaklanjuti dan diaktualisasikan untuk kebaikan negara," ujarnya.

Ketua LPIK Unisma dan sebagai ketua pelaksana, Drs Ali Ashari MPd, mengatakan deklarasi ASDANU fokus pada menolak radikalisme. "Negara ini sudah plural sejak dulu, bukan hanya baru-baru ini. Sehingga menjadi keprihatinan ketika perbedaan memicu radikalisme yang memporak porandakan negara," katanya.

"Program ke depan akan ada kajian, penyampaian Islam yang ke-Indonesiaan dan menunjukkan wajah Islam sebenarnya," ujar Ali. 47 perguruan tinggi yang hadir adalah perwakilan dari total 107 perguruan tinggi dari Sabang sampai Merauke yang tergabung dalam ASDANU. (nh)

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved