Breaking News:

Malang Raya

Universitas Brawijaya Malang dan Kemenkominfo Teken MoU Atasi Kemiskinan

Riset dan implementasi untuk mengentas kemiskinan di Indonesia sangat terbuka lebar dengan adanya kerja sama tersebut.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Rektor Universitas Brawijaya, Prof Dr Ir Mohammad Bisri MS dan Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Dr Ir Basuki Yusuf Iskandar MA menandatangani MoU, Kamis (18/5/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang, Prof Dr Ir Mohammad Bisri MS dan Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Dr Ir Basuki Yusuf Iskandar MA menandatangani MoU kerja sama antara kedua belah pihak, Kamis (18/5/2017).

Kerja sama tersebut tidak hanya dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi, tapi juga spesifik untuk mengatasi kemiskinan di Indonesia.

"Dengan ICT (Information Communication Technology), Kominfo dan UB bisa bersama-sama membangun daerah marjinal 3T. UB juga memiliki studi kemiskinan pada program Pascasarjana," kata Basuki pada SURYAMALANG.COM.

Riset dan implementasi untuk mengentas kemiskinan di Indonesia sangat terbuka lebar dengan adanya kerja sama tersebut.

"Nantinya bisa sangat tepat sasaran untuk mengentaskan kemiskinan," lanjutnya.

Lebih spesifik, Bisri menambahkan kerjasama tersebut mengarah pada menciptakan ribuan hingga jutaan digital start up dari lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UB.

"Ini juga akan membantu lulusan Filkom yang belum terserap kerja untuk menjadi pengusaha digital dengan pelatihan dan binaan dari Kominfo," ujarnya.

Ketika digital start up berkembang, lanjut Bisri, kemiskinan yang ditimbulkan dari pengangguran juga akan terminimalisasi.

"Ada 500.000 sarjana yang masih menganggur di Indonesia, termasuk di dalamnya juga ada lulusan UB. Dengan kerjasama ini, mereka didorong untuk membuat usaha, ditraining, disaring, dibiayai, difasilitasi, dan diinkubasi sampai menjadi pengusaha," tuturnya.

Jumlah tersebut akan terus bertambah dan menjadi keresahan perguruan tinggi ataupun sekolah sebagai pencetak sumber daya manusia.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved