Breaking News:

Selebrita

Kabar Duka, Musisi Senior Leo Kristi Tutup Usia

Sebelum berpulang, pria asal Surabaya itu menjalani perawatan pada akhir April lalu. Kala itu, ia dilarikan ke rumah sakit karena diare dan tekanan da

Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Habibur Rohman
Leo Kristi (topi putih) membahas karakter musik rakyat Indonesia pada diskusi musik Folk Musik Indonesia Terkini di Balai Pemuda Surabaya, Minggu (30/11/2014). 

SURYAMALANG.COM - Kabar duka kembali menyelimuti dunia musik Tanah Air. Musisi senior Leo Imam Sukarno atau yang lebih dikenal dengan namaLeo Kristi meninggal dunia, Minggu (21/5/2017) dini hari.

Leo Kristi dipanggil Yang Maha Kuasa sekitar pukul 00.30 WIB di Rumah Sakit Immanuel Bandung, Jawa Barat.

Almarhum meninggal dunia dalam usia 67 tahun.

Jenazah penyanyi kelahiran Surabaya itu ini saat ini dibawa ke rumah duka di Jakarta, di Jalan Bongas II E7 No, 17 Jatiwaringin Asri, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Kabar duka ini turut diungkapkan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf lewat akun Twitter-nya, @Triawan, Minggu (21/5/2017).

"Selamat Jalan, Bung Leo Imam Sukarno aka Leo Kristi. Wafat di Bandung 21 Mei 2017. Nasionalisme Bung akan selalu menginspirasi kami," tulis ayah penyanyi Sherina Munaf itu.

Sebelum berpulang, pria asal Surabaya itu menjalani perawatan pada akhir April lalu. Kala itu, ia dilarikan ke rumah sakit karena diare dan tekanan darahnya tak stabil.

Leo Kristi dilahirkan dengan nama Leo Imam Sukarno di Surabaya, Jawa Timur, pada 8 Agustus 1949.

Semasa hidupnya, Leo dikenal sebagai musisi pengelana. Ia membentuk grup musik bernama Konser Rakyat Leo Kristi (KRLK) dengan basis penggemar yang menyebut diri LKers (Komunitas Pecinta Musik Konser Rakyat Leo Kristi).

Bersama musisi Gombloh dan Franky Sahilatua, ia pernah tergabung dalam grup musik beraliran rock progresif, Lemon Trees. Namun kemudian, Leo memilih keluar dan mengembara bersama musiknya.

Musisi yang masih tampil nyentrik di usianya yang tak lagi muda ini memiliki banyak penggemar di kota Malang. Hal itu setidaknya terlihat beberapa tahun lalusaat ia menyelesaikan album barunya, Hitam Putih Orche. Kala itu Almarhum Leo Kristi hadir di Galeri Malang Bernyanyi, di Perumahan Griya Shanta Blok G 407, Kota Malang Sabtu (13/12/2014) malam.

Berita ini diolah dari berita yang sudah dipublikasikan sebelumnya di kompas.com dengan judul Musisi Leo Kristi Tutup Usia

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved