Breaking News:

Malang Raya

Setelah Kecelakaan Maut, Pemkot Batu Janji Garap Safety Box di Jalan Raya Klemuk

Anggaran untuk pembuatan safety box itu sekitar Rp 2,5 miliar.Nanti kerja sama dengan Perhutani juga karena ada sebagian lahan milik Perhutani

IST
Kecelakaan di Jalan Raya Klemuk, Kota Batu, Minggu (7/5/2017) sekitar pukul 14.45 WIB. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Banyaknya kecelakaan yang terjadi di Jalan Raya Klemuk, Songgoriti, Kota Batu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Kota Batu.

Rencana pemkot Batu untuk membuat safety box di sepanjang jalan curam tersebut masih terkendala lelang.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Alfi Nurhidayat mengatakan rencana pembuatan safety box itu sudah direncanakan sejak awal tahun 2017. Hal itu guna untuk menekan angka kecelakaan yang sering terjadi di jalan tersebut.

"Masih masuk lelang tahun ini. Ada 9 yang dilelang, dan salah satunya jalan di Klemuk. Begitu selesai, langsung fisik," kata Alfi kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (4/6).

Alfi menjelaskan nantinya safety box itu dibangun di lahan dengan ukuran lebar 10 meter dan panjang 50 meter dengan memberi pasir.

Sehingga, kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang mengalami rem blong atau hilang kendali, tidak sampai membahayakan kebdaraan lainnya maupun warga sekitar.

Sepanjang jalan raya Klemuk juga rawan kerusakan. Banyak jalan yang berlubang, sehingga pengendara mencoba menghindari jalan berlubang. Anggaran untuk pembuatan safety box itu sekitar Rp 2,5 miliar.

"Nanti kerja sama dengan perhutani juga karena ada sebagian lahan milik perhutani," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Susetya Herawan menambahkan jalan tersebut memang dilarang untuk kendaraaan roda 6. Pihaknya menyatakan kalau sudah memberikan rambu-rambu peringatan.

"Dari Dishub sudah memberikan rambu-rambu peringatan. Juga untuk kendaraan roda 6 lebih di larang melewati jalan tersebut. Nanti akan di tambah rambu-rambunya," kata Herawan.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved