Malang Raya

Tak Hanya Ikut SNMPTN dan SBMPTN, Gadis Ini Juga Ikut Jalur Prestasi Demi Masuk PTN

Azizah Mirajnanda menyanyikan tembang Jawa Mujiwat di Ruang Sidang Senat Universitas Negeri Malang (UM), Selasa (6/6/2017).

Tak Hanya Ikut SNMPTN dan SBMPTN, Gadis Ini Juga Ikut Jalur Prestasi Demi Masuk PTN
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Verifikasi jalur prestasi Universitas Negeri Malang (UM), Selasa (6/6/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Azizah Mirajnanda menyanyikan tembang Jawa Mujiwat di Ruang Sidang Senat Universitas Negeri Malang (UM), Selasa (6/6/2017).

Lulusan SMAN 1 Kertosono ini bersama 452 peserta lain sedang menjalani verifikasi jalur prestasi UM. Dia harus menunjukkan kemampuan nembangnya untuk verifikasi piagam juara 1 campursari di TVRI Jatim.

Verifikator dari Fakultas Sastra UM memintanya menyanyikan dua lagu berbahasa Jawa dan Bahasa Indonesia.

“Saya mendaftar Jurusan Pendidikan dan Sastra Indonesia dan Daerah,” kata Azizah kepada SURYAMALANG.COM.

Gadis kelahiran 17 November 1998 itu juga memiliki prestasi juara 1 pawai keprajuritan tari dan musik, menjadi duta seni pelajar se-Jawa, Bali, dan Lampung, juara 1 PPST Jatim, dan juara 1 Surabaya Carnival.

“Saya sempat ikut SNMPTN, tetapi tidak lolos. Sekarang sambil menunggu pengumuman SBMPTN, saya ikut jalur prestasi di UM, UGM, dan Unesa,” ujarnya.

Ketua pelaksana Jalur Prestasi UM, Dr Primardiana mengatakan 453 peserta yang menjalani verifikasi adalah peserta yang lolos dari sekitar 1.200 pendaftar.

“Nantinya diambil 140 mahasiswa,” jelasnya.

Peserta seleksi jalur prestasi UM jenjang S1 harus menjadi peringkat 3 tingkat provinsi. Sedangkan untuk D3 minimal menjadi peringkat 3 tingkat kabupaten/kota.

Prestasi apapun yang dimiliki peserta, tidak membatasi pendaftaran di prodi apapun di UM.

“Misalnya pendaftar Jurusan Matematika dengan prestasi olahraga, kami akan lihat nilai Matematika-nya. Jika nilainya kurang dan prestasinya bagus, kami sarankan dialihkan ke prodi lain,” terangnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved