Malang Raya

VIDEO : Pelepasan Lima Siswa SDSLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang

Dalam acara pelepasan yang dilangsungkan, Jumat (16/6/2017, mereka terlihat diiringi oleh 25 siswa SDLB dan SMPLB ketika memasuki ruangan pelepasan

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM), Jumat (16/6/2017) meluluskan lima siswa kelas VI SDLB. Mereka adalah Haris, David, Vigo, Dina, dan Dea.

Dalam acara pelepasan yang dilangsungkan, Jumat (16/6/2017, mereka terlihat diiringi oleh 25 siswa SDLB dan SMPLB ketika memasuki ruangan pelepasan. Mereka mengenakan pakaian berwarna putih dengan senyum mengembang di wajah mereka.

Kepala Sekolah SLB Autis UM, Drs Dr Endro Wahyuno MSi mengalungkan gordon pada mereka yang disambut riuh tepuk tangan. Setelahnya, bersama-sama mereka menyanyikan lagu untuk para guru.

Endro mengatakan pembelajaran di SLB Autis Lab UM menekankan pada sosialisasi murid ke masyarakat dan pelatihan komunikasi.

"Karena mau tidak mau nantinya mereka akan bersosialisasi dengan masyarakat. Di sini juga ada program untuk mengajak mereka naik mikrolet atau berkunjung ke pasar untuk bersosialisasi," kata Endro pada SURYAMALANG.COM.

Tak hanya itu, untuk siswa jenjang SMP juga ada kegiatan vokasi, antara lain pelatihan membuat telur asin dan pelatihan mencuci motor.

"Murid-murid ini harus dibiasakan bergaul dengan masyarakat dan juga mengasah keahlian mereka," tuturnya.

Sekolah yang berdiri sejak 2013 itu pada atahun ajaran depan memiliki 19 siswa SDLB dengan 8 guru dan 13 siswa SMPLB dengan 6 orang guru.

Pelepasan siswa kelas VI juga dimeriahkan oleh pagelaran drama musikal Rama dan Shinta Persembahan siswa SDLB dan SMPLB.

"Mereka berlatih cukup lama untuk pagelaran ini dan kami sangat mengapresiasinya," kata dosen Pendidikan Luar Biasa UM itu. 

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved