Malang Raya

VIDEO : Mahasiswa CLS Universitas Negeri Malang Rayakan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

Namun, 28 mahasiswa AS program Critical Language Scholarship Universitas Negeri Malang (UM) tidak bisa ikut kemeriahan di negaranya.

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Hari kemerdekaan Amerika Serikat (AS) setiap 4 Juli biasanya dirayakan secara meriah oleh warganya.

Namun, 28 mahasiswa AS program Critical Language Scholarship Universitas Negeri Malang (UM) tidak bisa ikut kemeriahan di negaranya. Sebab,  para mahasiswa itu harus belajar bahasa dan budaya Indonesia di UM.

Makanya tim CLS dan BIPA UM mengadakan perayaan Hari Kemerdekaan AS ke-241 di Aula AVA Fakultas Sastra UM, Selasa (4/7/2017).

Direktur BIPA UM, Dr Gatut Susanto mengatakan kegiatan itu memang untuk mengobati kerinduan mahasiswa AS pada kampung halamannya yang sedang merayakan Hari Kemerdekaan.

“Itu juga yang dialami mahasiswa Indonesia yang jauh dari kampung halaman saat 17 Agustus. Kami mengerti perasaan mereka, dan memberi perayaan yang mereka rindukan,” kata Gatut.

“Sebelum menjadi negara serikat, AS merupakan 13 negara bagian. Kemudian memerdekakan diri dari Inggris dengan deklarasi kemerdekaan pada Kongres Continental,” kata Josh, mahasiswa AS program CLS.

Dia juga menyampaikan sepenggal pidato mantan Presiden AS, Barack Obama tentang hubungan antara AS dan Indonesia.

“AS berharap persahabatan dengan Indonesia tidak terbatas pada kebebasan dan kebahagiaan yang dianugerahkan Tuhan kepada kita. Indonesia sudah menjadi bagian dari kami. Semoga AS juga menjadi bagian dari kalian,” katanya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved