Breaking News:

Malang Raya

Mahasiswa-Mahasiswi Asing Sowan ke Kota Batu, Mereka Bahagia Lakukan Aktivitas Ini

"Sejak kecil saya hidup di kota dan jauh dari pedesaan. Jadi melihat yang hijau-hijau seperti ini saya senang. Jadi santai dan relax,"

Penulis: Sany Eka Putri | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Mahasiswa asing sedang membuat kerajinan saat berkunjung di Kampung Ekologi Temas, Kota Batu, Selasa (18/7/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Delapan mahasiswa asing yang tergabung dalam program Association for the International Exchange of Students in Economics and Commerce (AIESEC) berkunjung ke Kampung Ekologi Temas, Kota Batu, Selasa (18/7/2017).

Raut wajah mereka terlihat riang saat menekuni berbagai macam pelajaran di Kampung Ekologi ini. Seperti halnya saat mereka belajar membuat kerajinan berbahan sampah.

Apalagi, saat mereka belajar bertani dengan menanam beberapa sayuran organik di sawah. Wajah kedelapan mahasiswa asing tersebut menunjukkan rasa senang ketika berada di sawah.

Seperti yang diungkapkan oleh Winter. Mahasiswi asal Shanghai, Tiongkok ini mengungkapkan rasa kagumnya terhadap Kota Batu dengan lingkungan pertanian go organik.

"Sejak kecil saya hidup di kota dan jauh dari pedesaan. Jadi melihat yang hijau-hijau seperti ini saya senang. Jadi santai dan relax," kata dia.

Tak hanya itu, ternyata ia dan teman-temannya juga ketagihan kuliner asli Jawa. Yakni sayur tewel (nangka muda), urap-urap, dan nasi jagung.

Tentu makanan ini tidak ia jumpai di negaranya. Saat mereka dijamu dengan makanan tersebut, awalnya memang aneh di lidah mereka, tetapi, mereka justru ketagihan dan menikmati jamuan makanan itu.

"Ini pengalaman yang berharga untuk kami. Kalau berlibur, saya pasti berkunjung ke Kota Batu," imbuh mahasiswi Jurusan Bahasa Inggris Shanghai University ini.

Mereka juga diberikan tahu tentang edukasi cara memilah sampah dan membuat kerajinan. Serta memasak puding dari sayuran organik.

Dina Silvia Putri, pendamping AIESEC Cabang Surabaya mengatakan, tujuan dari program bertajuk Bring the happiness ini untuk mengenalkan kultur atau budaya Indonesia. Kegiatan ini akan berlangsung sampai 13 Agustus mendatang.

"Sebenarnya ada banyak mahasiswa asing, sebagian disebar di berbagai daerah," pungkasnya.

Delapan mahasiswa asing itu perwakilan dari berbagai negara. Yakni Vietnam, Tiongkok, Polandia, Algeria, Kanada, Republik Ceko, Mesir, dan Belanda.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved