Breaking News:

Nasional

PR Presiden Jokowi untuk Anak-Anak Indonesia Ini Sungguh 'Nyeleneh', Tapi Penting Juga Sih

Oleh sebab itu, Jokowi meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengembangkan pendidikan di luar ruang kelas.

Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam penutupan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Hotel Savana, Kota Malang, Kamis (20/7/2017). Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya inovasi daerah agar mampu bersaing dalam persaingan global yang cepat. 

SURYAMALANG.COM - Presiden Joko Widodo ingin anak-anak Indonesia memiliki karakter yang kuat.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengembangkan pendidikan di luar ruang kelas.

Salah satu contohnya, yakni memberikan pekerjaan rumah bukan tentang mata pelajaran saja, melainkan tentang membangun empati dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar.

"PR-nya itu menengok tetangga yang sakit, menengok kawannya yang sakit. Anak didik kita bisa diberi PR memberikan makanan kepada tetangga yang kurang mampu," kata Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Pimpinan Nasional Tahun 2017 PGRI di Sleman, Yogyakarta, dikutip dari laman www.setkab.go.id, Minggu (23/7/2017).

"Ada kerja bakti kampung, anak-anak kita suruh ikut. PR-nya ikut kerja bakti kampung. Ambil gambarnya untuk diberikan ke ibu dan bapak gurunya. Kenapa tidak? Inilah pembangunan karakter yang lama kita lupakan," lanjut dia.

Pendidikan karakter sangat bergantung pada kualitas seorang guru.

Jokowi pun mengajak para guru untuk meningkatkan diri agar dapat menginspirasi dan menjadi teladan para muridnya.

Jokowi berharap, PGRI mampu mendorong anggotanya untuk menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan karakter yang sangat penting bagi perkembangan anak, yaitu yang berkaitan dengan etos kerja, kejujuran, disiplin diri, integritas, kerja keras dan sifat-sifat pantang menyerah.

"Sekali lagi, guru seyogyanya bertugas membimbing murid tidak hanya dalam mata pelajaran yang saja, tetapi meliputi seluruh perkembangan dan perilaku murid-muridnya," ujar Jokowi.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved