Breaking News:

Malang Raya

SMK di Kota Malang Siapkan Program 4 Tahun, yang Berminat Bisa Lanjut di Sekolah Ini

SMKN 2 membuka kelas Pariwisata Maritim yang bisa dimasuki oleh siswa dari tiga jurusan antara lain Jasa Boga dan Akomodasi Perhotelan.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
ILUSTRASI - 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sejumlah SMKN menyiapkan proram SMK empat tahun. Sehingga siswa yang lulus lebih matang ketika bekerja di dunia industri.

"Anak-anak saat lulus banyak yang belum berusia 18 tahun. Untuk bekerja juga masih di bawah umur. Sehingga ada spektrum sekolah empat tahun," jelas Bagus Gunawan, Kepala SMKN 2 kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (23/7/2017).

SMKN 2 membuka kelas Pariwisata Maritim yang bisa dimasuki oleh siswa dari tiga jurusan antara lain Jasa Boga dan Akomodasi Perhotelan. "Tinggal mendapatkan tambahan materi Safety on Board Shipping karena nanti arahnya bekerja di kapal pesiar," kata dia.

Pihaknya bekerja sama dengan mitra dari Australia. Menurut dia, jika ada peminatnya segera dibuka.

Tak hanya dari siswa sekolah negeri namun juga sekolah swasta. Sehingga tinggal meneruskan menjadi empat tahun. "Yang belum kuliah atau belum kerja bisa melanjutkan di sini," ujarnya.

Selain itu, Direktorat Pembinaan SMK menugaskan SMKN 2 membuka kelas care giver dan kelas Samsung.

Untuk masuk ke SMK empat tahun, hanya membayar SPP dan uang seragam. Setelah itu, segera didaftarkan ke Dapodik untuk mendapatkan BOS.

Sedang di SMKN 7 membuka kelas 4 tahun untuk jurusan Kimia Analis. Lapangan pekerjaan nanti di lab kimia.

Menurut Nurul Aini, Kepala Program Kimia Analis/ APL. Nantinya siswa saat kelas 13 akan menjalani praktek kerja industri (prakerin).

"Prakerinnya ya ke perusahaan di kawasan industri selama setahun. Bisa bertahap enam bulan dan dilanjutkan lagi. Biasanya kan bergantian dengan SMK lain," jelasnya.

Dibukanya kelas empat tahun karena ada peluang. Karena tidak semua SMK memiliki jurusan ini.

Sebelum membuka, sekolah menawarkan ke wali murid dan diberi gambaran peluang kerjanya. Para siswanya diperoleh dari PPDB ( Pendaftaran Peserta Didik Baru) lalu.

Sedang di SMKN 3 dibuka untuk jurusan Desain Fesyen mulai tahun ini. Jurusan ini juga ditawarkan saat PPDB lalu.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved