Breaking News:

Malang Raya

Setelah Smart City Beroperasi di Kota Batu, Selanjutnya Pemkot Harus Pikirkan Masalah Ini

Apalagi ada program yang bekerja sama dengan PT Batu Wisata Resource (BWR) sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkot Batu.

IST
Lahan pertanian bawang putih di Tulungrejo, Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Smart City segera diluncurkan di Kota Batu. Instansi terkait harus segera memikirkan payung hukum untuk pengoperasian Smart City.

Asisten Administrasi dan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat Pemkot Batu, Endang Triningsih mengatakan pihaknya tidak ingin kecolongan jika pengoperasian Smart City berurusan dengan aparat hukum.

“Proyek Smart City tahap I sudah dimulai. Instansi terkait harus merancang payung hukumnya,” kata Endang kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (26/7/2017).

Menurutnya, Smart City juga terkait pemasukan. Apalagi ada program yang bekerja sama dengan PT Batu Wisata Resource (BWR) sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkot Batu.

“Kalau ada orientasi profit, produk hukumnya tidak cukup Perwali, tetapi harus Perda,” imbuh mantan Inspektur Pemkot Batu itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu, Siswanto mengatakan tahap awal Smart City difokuskan pada pelayanan masyarakat, terutama pada Pertanian. Terkait payung hukum, pihaknya masih melihat perkembangan Smart City.

“Sementara fokus ke pelayanan dulu. Soal payung hukum, ada pembahasan selanjutnya,” kata Siswanto.

Karena memprioritaskan pertanian, pasti akan memberi edukasi kepada masyarakat. Smart City nanti akan masuk ke semua sektor, mulai dari pertanian, desa, kelurahan, sampai sekolah.

“Masyarakat bisa langsung mengkritik terkait pelayanan ataupun fasilitas yang diberikan Pemkot Batu, seperti jalan berlubang, fasilitas umum rusak atau tidak layak, dan sebagainya,” imbuh Siswanto.

Seperti yang diketahui, sudah terpasang 50 workstation di 24 desa/kelurahan, 3 kecamatan, dan 23 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Smart City dilelang secara bertahap menggunakan dana APBD sebesar Rp 9,3 miliar.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved