Malang Raya

Siapkan 500 Kantong Sampah, Himakpa ITN Malang Kembali Gelar Upacara dan Bersih Gunung di Semeru

Sejak tahun 1984, HIMAKPA juga bekerjasama dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk melaksanakan upacara bersama para pendaki.

Siapkan 500 Kantong Sampah, Himakpa ITN Malang Kembali Gelar Upacara dan Bersih Gunung di Semeru
SURYAMALANG.COM/ISTIMEWA
Pelepasan tim HIMAKPA ITN Malang untuk penyelenggaraan upacara 17 Agustus dan bersih gunung di Gunung Semeru oleh Rektor ITN, Senin (14/8/2017) 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Himpunan Mahasiswa Teknik Pecinta Alam (HIMAKPA) Institut Teknologi Nasional Malang kembali akan melakukan upacara 17 Agustus di Gunung Semeru.

Sebanyak 20 orang yang terdiri dari 18 orang anggota HIMAKPA dan 2 orang alumni sebagai anggota kehormatan, Senin (14/8/2017) dilepas oleh Rektor ITN, Dr Ir Lalu Mulyadi MT untuk berangkat mendaki Gunung Semeru.

Ketua umum HIMAKPA ITN, Abdullah Fahmi mengatakan HIMAKPA secara rutin melakukan upacara 17 Agustus di Gunung Semeru sejak 1982.

"Sejak tahun 1984, HIMAKPA juga bekerjasama dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk melaksanakan upacara bersama para pendaki. Sejak saat itu HIMAKPA dipercaya sebagai fasilitator upacara," ujar mahasiswa Teknik Informatika itu.

Tidak hanya mendaki dan melaksanakan upacara bersama para pendaki, HIMAKPA juga melakukan bersih gunung. "Ini sesuai persetujuan dengan pihak Taman Nasional. Kami juga sudah menyiapkan 500 kantong plastik besar untuk tempat sampah," ujar ketua tim pendakian, Ryan.

Ryan menambahkan, upacara di Gunung Semeru dilakukan di Ranu Kumbolo dan Kalimati. "Ini sesuai kebijakan dari pihak Taman Nasional dan sudah dilakukan sejak 2011.

Mereka juga mengimbau para pendaki untuk menjaga kebersihan gunung karena jumlah pendaki saat 17 Agustus selalu meningkat pesat. 

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved