Breaking News:

Malang Raya

Tak Lakukan Full Day School, Tapi Sekolah di Kota Batu Terapkan Penguatan Pendidikan Karakter

Hal ini sudah diterapkan di SDN Punten 1 dan SMPN 1 Kota Batu. Seperti di SDN Punten 1 yang sudah menerapakan PPK sejak Januari 2017.

IST
Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SDN Punten 1 Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Apabila beberapa pihak masih mempermasalahkan terkait penerapan Full Day School, ternyata dua sekolah di Kota Batu ini justru menerapkan program Kemendikbud yakni Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Hal ini sudah diterapkan di SDN Punten 1 dan SMPN 1 Kota Batu. Seperti di SDN Punten 1 yang sudah menerapakan PPK sejak Januari 2017.

PPK ini secara teknis hampir sama dengan Full Day School, hanya saja bedanya untuk penerapan PPK ini ditunjuk langsung oleh Kemendikbud.

Kepala SDN Punten 1, Dra Trihastutik mengatakan bahkan di SDN Punten 1 ini menjadi pilot project untuk program PPK.

Trihastutik menjelaskan bahwa PPK ini penerapannya hampir sama dengan Full Day School, yakni penerapan sekolah lima hari.

"Iya kami bukan Full Day School, tapi PPK. Dan sudah diterapkan ke semua siswa kelas 1 sampai kelas 6 sejak Januari," kata dia kepada SURYAMALANG.COM, Kamis (17/8/2017).

Penerapan PPK ini ialah siswa masuk sekolah pukul 7 pagi dan selesai sekitar pukul 2 sore hingga pukul 3 sore.

Ketika pukul 2 sore hingga 3 sore ini siswa diberi pilihan untuk mengikuti ekstrakulikuler. Memang sama dengan Full Day School, tapi lebih ditekankan pada pendidikan karakter.

Pihaknya juga memahami jika Full Day School dengan cara penerapan hanya belajar saja di kelas maka siswa akan jenuh. Oleh karena itu, PPK ini siswa wajib mengikuti kegiatan ekastrakulikuler.

"Ada 17 pilihan ekstrakulikuler di sini. Yang kami wajibkan ialah Pramuka dan Tartil," imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved