Breaking News:

Malang Raya

VIDEO : Ini Aksi Teatrikal Hari Kemerdekaan 170 Siswa SMK Kolese Santo Yusup di Balai Kota Malang

Dela Sulistyowati, pembina ekskul teater SMAK Kolese Santo Yusup mengatakan konsep cerita sosio drama itu adalah perjuangan arek-arek Malang setelah p

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah | Editor: Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Upacara detik-detik proklamasi di Balai Kota Malang, Kamis (17/8/2017) diwarnai ledakan bom dan senjata api.

Tak hanya ledakan, teriakan dan asap yang membumbung juga mengiringi rangkaian upacara tersebut.

Ledakan dan bumbungan asap itu muncul ketika penampilan teatrikal sosio drama bertajuk "Perjuangan di Bhumi Arema".

Sebanyak 170 siswa SMAK Kolese Santo Yusup berkolaborasi dengan 20 orang dari kodim 0833 Malang serta Willys Club Malang berperan dalam drama tersebut.

Dela Sulistyowati, pembina ekskul teater SMAK Kolese Santo Yusup mengatakan konsep cerita sosio drama itu adalah perjuangan arek-arek Malang setelah proklamasi.

"Setelah proklamasi mereka masih harus berjuang melawan tentara Jepang dan Belanda yang kembali menyerang," terang dia pada SURYAMALANG.COM, usai teatrikal.

Dalam sosio drama itu, tembakan benar-benar dilakukan menggunakan peluru kosong.

"Memang agar terasa nyata, kami menggunakan tembakan peluru kosong dan ledakan petasan," jelas Dela.

Pesan yang disampaikan dalam sosio drama itu adalah perjuangan pasca kemerdekaan yang masih panjang. "Meski kita sudah terbebas dari negara lain, tapi bagaimana kita terus mengisi kemerdekaan," katanya.

Penampilan ini adalah kali kedua bagi tim teater SMAK Kolese Santo Yusup. Sebelumnya, mereka pernah diminta untuk tampil di acara yang sama yakni upacara detik-detik proklamasi tahun 2012.

"Tiga minggu sebelum acara, kami diminta secara langsung oleh Pemkot. Sejak itu kami berlatih secara intensif dengan dukungan penuh dari sekolah," tuturnya.

Simak aksi teatrikalnya dalam video di atas.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved