Breaking News:

Malang Raya

2017, Bulog Sub Divre Malang Target Penyerapan Gabah dan Beras Sebanyak 67 Ribu Ton

"Hal itu membuat kami dalam upaya memenuhi target harus membeli gabah dan beras dari luar wilayah Kabupaten Malang," ucap Faisal

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Kepala Sub Divre Bulog Malang, Faisal Rambe menjelaskan, Bulog Sub Divre Malang wilayah tugasnya meliputi lima wilayah.

Yakni Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan. Tahun ini Bulog sub Divre Malang mendapat target penyerapan gabah dan beras mencapai 67.000 ton.

"Target tersebut sampai saat ini baru terpenuhi 30.044 ton," kata Faisal Rambe.

(BERITA TERKAIT : Polres Malang Perketat Pengawasan Terhadap Gabah dan Beras)

Sejumlah kendala dalam penyerapan gabah dan beras bulog, menurut Faisal, kualitas gabah dan beras di wilayah Kabupaten Malang yang cukup bagus dibandingkan dengan daerah lain turut mempengaruhi harga jual gabah dari petani yang cukup tinggi yakni Rp 4.500 sampai Rp 5.000 per kilogram.

Sedangkan harga beli gabah oleh Bulog hanya sebesar Rp 3.700 sampai Rp 4.030 per kilogram.

"Hal itu membuat kami dalam upaya memenuhi target harus membeli gabah dan beras dari luar wilayah Kabupaten Malang," ucap Faisal.

Di samping itu, menurut Faisal, mitra kerja Bulog dalam memenuhi target serap gabah dan beras sangat minim. Meskipun di wilayah Kabupaten Malang sudah ada 45 lumbung panen tapi tidak banyak memberi pasokan beras ke Bulog.

"Sehingga diperlukan solusi dengan melibatkan peran instansi terkait untuk mempengharuhi para petani dan 45 lumbung panen untuk bersedia bekerjasama atau bermitra dengan Bulog," ucap Faisal.

ntuk itu, tambah Faisal, Bulog berharap dari setiap kecamatan di Kabupaten Malang setidaknya ada satu Gapoktan sebagai mitra bulog. Dengan demikian target serap gabah dan beras dapat terpenuhi.

"Tentunya melalui peran instansi terkait di Kabupaten Malang target penyerapan gabah dan beras Bulog bisa terpenuhi," tutur Faisal dalam rakor Satgas Sergab Malang Raya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved