Breaking News:

Malang Raya

Kondisi Sungai di Kota Batu Sungguh Mengenaskan, Pantaskan Menyandang Predikat Kota Wisata?

Suasana Kali Putih di Kelurahan Sisir, Kota Batu tampak ramai, Minggu (3/9/2017) pagi. Kerumunan sekitar 50 orang terlihat nyemplung ke kali itu

Penulis: Sany Eka Putri | Editor: eko darmoko
IST
Aksi saber sampah oleh lembaga masyarakat di Kali Putih Kota Batu, Minggu (3/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Suasana Kali Putih di Kelurahan Sisir, Kota Batu tampak ramai, Minggu (3/9/2017) pagi. Kerumunan sekitar 50 orang terlihat nyemplung ke kali itu.

Kerumunan tersebut merupakan aksi saber sampah oleh beberapa komunitas dan lapisan masyarakat. Aksi saber sampah ini ialah membersihkan sampah-sampah yang ada di sungai.

Hasilnya, cukup mengejutkan. Sampah popok mendominasi sampah di sungai.

Ketua Forum Kota Batu Sehat (FKBS) Fifi Salma Safitri mengatakan kegiatan ini merupakan gebrakan kepada masyarakat Kota Batu agar mau mengubah pola pemikiran yang salah.

Menurutnya, sejauh ini, membuang sampah di sungai sudah menjadi tradisi.

"Tak hanya mengubah pola pikir masyarakat saja, tetapi ini juga membantu memulihkan dan menjaga sumber mata air di Kota Batu. Jangan sampai terus-terusan tercemar," kata Salma, seusai aksi memungut sampah.

Dalam aksi yang dilakukan di satu titik saja ini, menghasilkan sekitar 20 ton sampah yang diangkut oleh satu truk.

Kebanyakan sampah popok dan plastik yang mendominasi. Salma mengatakan, ke depan, dalam aksi ini juga akan menebar benih ikan.

"Benih ikan ini langkah ke depan. Kalau ada ikannya, gimana sih respon masyarakat ini. Apakah masih akan tega membuang sampah di sungai," kata dia yang pernah menjadi Ketua Panwas Pilwali Kota Batu 2017.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved