KPK Tangkap Wali Kota Batu

Apa Hubungan Antara PT Dailbana Prima Penyuap Eddy Rumpoko dengan Universitas Brawijaya?

"Keterlambatan itu terjadi bukan hanya karena produksi terlambat tapi juga karena proses pelelangan dilakukan di akhir tahun. Itu mekanisme teknis,"

Apa Hubungan Antara PT Dailbana Prima Penyuap Eddy Rumpoko dengan Universitas Brawijaya?
IST
Universitas Brawijaya 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - PT Dailbana Prima dengan pimpinan Filipus Djab, yang baru saja ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK sebagai penyuap Wali Kota Batu, Edy Rumpoko tercatat tiga kali memenangkan tender pengadaan jas almamater dan jaket Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Hal itu memang dibenarkan oleh kepala ULP UB, Arif Hidayat, namun ada keterangan lain yang disanggah oleh Arif.

"Memang benar PT Dailbana Prima memenangkan tender jas almamater pada tahun 2015 dan 2016, dan jaket mahasiswa pada tahun 2017. Namun, nama Filipus Djab tidak tercantum dalam akte perusahaan PT Dailbana Prima dan tidak menandatangani kontrak," jelasnya ketika dihubungi SURYAMALANG.COM, Senin (18/9/2017).

Nama-nama yang tercantum dalam akte perusahaan dan menandatangani kontrak adalah 3 direksi PT Dailbana Prima atas nama Michael Tedjakusuma sebagai dirut, Ester Tedjakusuma sebagai direktris, dan Steven Tedjakusuma sebagai komanditer.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, PT Dailbana Prima memenangkan tender pengadaan jas almamater UB tahun 2015 sebesar Rp 2,8 miliar, tahun 2016 sejumlah Rp 3 miliar, dan jaket mahasiswa tahun 2017 Rp 7,7 miliar.

"Prinsip pelelangan itu pemenangnya dilihat dari yang paling memenuhi kriteria administratif, teknis, kualifikasi, dan harga paling rendah. Meskipun sudah beberapa kali menang, bukan berarti akan sepenuhnya percaya dan bisa menang lagi. Siapapun yang lulus 4 evaluasi itu pasti memenangkan lelang," jelas Arif.

Ia juga mengklarifikasi pemberitaan sebelumnya tentang keterlambatan pembagian jas almamater pada 2016.

"Keterlambatan itu terjadi bukan hanya karena produksi terlambat tapi juga karena proses pelelangan dilakukan di akhir tahun. Itu mekanisme teknis," tutupnya.

LIHAT JUGA - Tim KPK Geledah Kantor Filipus Djap, Tersangka Penyuap Edy Rumpoko

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved