KPK Tangkap Wali Kota Batu

Kantor Penyuap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko Adalah Tempat Konveksi, Sering Menang Tender Kampus

Kantor milik Filipus Djap di Jalan Brigjen 48-50 Katamso, kelurahan Kasin, Kota Malang, diketahui sebagai tempat konveksi.

Kantor Penyuap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko Adalah Tempat Konveksi, Sering Menang Tender Kampus
SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
Suasana kantor penyuap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, Filipus Djap di Kota Malang, Senin 1(8/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, SUKUN - Kantor milik Filipus Djap di Jalan Brigjen 48-50 Katamso, kelurahan Kasin, Kota Malang, diketahui sebagai tempat konveksi.

Hal tersebut setidaknya disampaikan salah seorang kerabat pekerja di sana.

"Istri saya kerja konveksi," kata seorang kerabat karyawan di tempat itu. "Baru sekitar setahun ini."

Filipus Djap ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai penyuap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko.

Di kantor tersebut tak ada palang nama perusahaaan. Namun berdasarkan data yang terhimpun di internet, alamatnya sama dengan kantor PT Dailbana Prima.

KPK menyebut Filipus adalah pemilik PT tersebut. Ia disebut menyuap ER atas proyek pengadaan mebeler yang nilainya di atas Rp 5 miliar.

Nama PT Dailbana Prima banyak terpampang sebagai pemenang tender pengadaan proyek konveksi. Baik seragam maupun jas almamater kampus.

Penelurusan SURYAMALANG.COM di situs lelang menunjukkan, PT itu pernah memenangkan pengadaan atribut mahasiswa baru Universitas Tadulako Rp 1,3 miliar. Pada pengadaan lain di kampus serupa, PT Dailbana Prima menang tender dengan nilai Rp 1,5 miliar.

Ia juga pernah menang dalam tender pengadaan jas almamater Universitas Brawijaya (UB) Malang tahun anggaran 2015 senilai Rp 2,8 miliar.

Selain itu, perusahaan tersebut juga pernah menang dalam pengadaan jas almamater mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 Universitas Brawijaya Rp 3 miliar.

Dalam arsip lain di UB, perusahaan itu memenangkan pengadaan jaket mahasiswa baru periode tahun 2015, 2016, dan 2017. Nilai proyeknya saat itu Rp 7,7 miliar.

Catatan SURYAMALANG.COM, pernah terjadi kasus keterlambatan pembagian almamater di kampus UB pada 2016. Ditengarai, PT tersebut juga yang menangani pengadaan saat itu.

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved