Breaking News:

Malang Raya

Mahasiswa Baru Universitas Merdeka Malang Deklarasi Kerukunan Umat Beragama

Sebanyak 2.300 mahasiswa baru Universitas Merdeka (Unmer) Malang memulai masa pengenalan kehidupan kampus, Senin (18/9/2017).

SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Penandatanganan MoU deklarasi kerukunan antar umat beragama antara Unmer dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Malang di pembukaan PKKMB, Senin (18/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, SUKUN - Sebanyak 2.300 mahasiswa baru Universitas Merdeka (Unmer) Malang memulai masa pengenalan kehidupan kampus, Senin (18/9/2017).

Bertempat di Balai Merdeka, mereka mendapatkan materi bela negara dari Wakil Komandan Diklat TNI Angkatan Darat, Mayor Jenderal Dr Bakhtiar.

Dalam materi itu, Mayor Jenderal Bakhtiar menekankan agar mahasiswa kembali ke Pancasila dalam segala hal.

"Banyak orang yang memanfaatkan agama untuk syiar namun menggalang orang lain dengan cara mempengaruhi mereka," jelasnya.

Ia melanjutkan, masyarakat lapisan bawah lebih mudah untuk dipengaruhi paham komunis dan radikal.

"Tapi di Indonesia tidak akan ada tempat untuk komunis, terutama jika masyarakatnya selalu kembali pada Pancasila," tuturnya.

PKKMB Unmer memang mengangkat tema besar sesuai permasalahan penting kerukunan umat beragama, suku, dan ras.

"Mahasiswa Unmer berasal dari berbagai latar belakang suku. Apalagi dalam situasi rawan perpecahan ini, kami menakankan pada mahasiswa baru untuk menjaga persatuan dan keutuhan NKRI di tengah keberagaman," ujar Rektor Unmer, Prof Dr Anwar Sanusi SE MSi pada SURYAMALANG.COM.

Rektor juga meminta tiap-tiap mahasiswa untuk mencetak prestasi sebanyk-banyaknya dan untuk tidak segan mengikuti berbagai kompetisi.

"Itu juga demi kebaikan Unmer, untuk meningkatkan peringkat di tingkat nasional," jelasnya.

Mahasiswa baru Unmer juga membacakan poin-poin dalam deklarasi kerukunan antar umat beragama yang disusul dengan penandatanganan MoU antara Unmer dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Malang.

"Deklarasi ini adalah bentuk komitmen Unmer dalam menjaga NKRI dan kekuatan sosial masyarakat di Kota Malang. Menjaga keamanan dan kerukunan bersama," lanjut Anwar.

Tindak lanjut dari deklarasi tersebut adalah penanaman kerukunan saat perkuliahan. Selain itu juga menegakkan kedisiplinan pada setiap mahasiswa.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved