Breaking News:

Malang Raya

Ada Arisan Ilmu SAR di Kota Malang, Ternyata Seperti Ini Cara Para Relawan Berbagi Ilmu

Selain ilmu teori ruang tentang komunikasi bencana, ada juga praktek langsung di lapangan memasang instalasi komunikasi radio dan penggunaan frekuensi

SURYAMALANG.COM/Dyan Rekohadi
Para peserta Arisan Ilmu mencoba dan mempraktekan langsung instalasi sarana komunikasi darurat di halaman kampus Unisma, Minggu (24/9/2017) 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Ratusan relawan memadati acara Arisan Ilmu Sekber Relawan Penanggulangan Bencana Jatim yang dilangsungkan di Universitas Islam Malang (Unisma), Minggu (24/9/2017).

Para relawan yang antusias mengikuti acara ini datang dari beragam latar belakang.

Ada mahasiswa pecinta alam, Pramuka, anggota relawan SAR, anggota ORARI dan beberapa organisasi lain. Mereka datang dari beragam kota di Jatim.

Acara Arisan Ilmu yang diselenggarakan terbuka dan gratis kali ini membahas tema Emergency Communication Management Training atau Manajemen Komunikasi Darurat Bencana.

Narasumber yang berbagi ilmu ada pakar komunikasi radio Bambang Soetrisno (Pak De Bam-YB1KO) dan tim Orari Malang.

Dalam penyampaian materi, Bam lebih mengarahkan untuk menjembatani berbagai pengguna frekuensi dan mengenalkan legalitas penggunaan frekuensi radio.

Materi juga menyinggung bagaimana teknik penggunaan frekuensi jarak sedang dan dekat. 

"Komunikasi jadi hal penting saat terjadi bencana. Banyak relawan yang selama ini belum tahu bagaimana teknik dan aturan yang benar

"Selama ini sebenarnya ada aturan internasional yang disebut band plan. Perlu dimasyarakatkan juga tactical com untuk emergency comunication," papar Bam.

Selain ilmu teori ruang tentang komunikasi bencana, ada juga praktek langsung di lapangan memasang instalasi komunikasi radio dan penggunaan frekuensi.

Halaman
12
Penulis: Dyan Rekohadi
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved