Malang Raya

BKSDA Keluarkan SE Larangan Wisata Ke Pulau Sempu, Bupati Rendra Kresna Justru Prihatin

Rendra berpendapat, Pulau Sempu yang terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjingwetan merupakan salah satu mutiara alam.

BKSDA Keluarkan SE Larangan Wisata Ke Pulau Sempu, Bupati Rendra Kresna Justru Prihatin
SURYAMALANG.COM/David Yohanes
Segara Anak di Pulau Sempu, Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Adanya larangan pemanfaatan dan aktifitas wisata di Pulau Sempu Malang diprihatinkan Bupati Malang, H Rendra Kresna.

Rendra berpendapat, Pulau Sempu yang terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjingwetan merupakan salah satu mutiara alam.

Dengan keindahannya yang telah terkenal hingga ke mancanegara, kini tidak akan bisa dinikmati lagi oleh masyarakat umum dan untuk kegiatan wisata.

"Kalau memang ada kerusakan di Pulau Sempu, silahkan ditindak secara hukum siapapun itu pelakunya. Mau wisatawan, pejabat atau siapapun. Namun kalau ditutup seperti itu kami patut prihatin," kata Rendra Kresna, kemarin.

Dijelaskan Rendra, keprihatinannya itu bukan karena sekedar kepentingan pendapatan dari sektor wisata dari Pulau seluas 877 hektar tersebut.

Akan tetapi, lebih pada keberlanjutan proses saling menjaga kawasan konservasi itu yang selama ini melibatkan masyarakat setempat beserta unsur lain di wilayah pesisir laut selatan.

Meski demikian, dikatakan Rendra, Pemerintahannya tidak terlalu kawatir kalau memang akhirnya Pulau Sempu ditutup dalam koridor pariwisata.

"Pulau Sempu itu sudah milik bersama bahkan dunia, ini yang kami prihatinkan juga. Kalau sekedar obyek wisata kita masih punya banyak sekali destinasi wisata lainnya," ucap Rendra.

Lebih lanjut diungkapkan Rendra, apabila Pulau Sempu ditutup dari wisatawan hanya karena statusnya sebagai kawasan cagar alam, itu sebenarnya kurang tepat.

Di berbagai daerah bahkan di negara lain, tidak ada larangan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam yang berada di wilayah cagar alam.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved