Breaking News:

Malang Raya

DPRD Kabupaten Malang Jajaki Pengelolaan Parkir Ditangani BUMD

Dengan demikian diharapkan pendapatan dari retribusi parkir bisa mencapai target setiap tahunnya.

SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Parkir kendaraan bermotor di pasar Kepanjen Malang menjadi salah satu sumber retribusi untuk PAD Kabupaten Malang, Minggu (29/10/2017). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Komisi C DPRD Kabupaten Malang lakukan penjajakan pengelolaan parkir oleh perusahaan daerah.

Hal itu sebagai salah satu langkah untuk mendongkrak pendapatan retribusi parkir di Kabupaten Malang dan meminimalisir terjadinya kebocoran.

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Malang, Amarta Pasha mengatakan, berdasar hasil kunjungan kerja ke Bali dan Makasar diketahui pengelolaan parkir dilakukan oleh perusahaan daerah.

Dengan demikian pendapatan dari retribusi parkir bisa mencapai target setiap tahunnya.

"Ini yang kami inginkan bisa diterapkan di Kabupaten Malang nantinya. Dengan adanya perusahaan daerah yang khusus menangani pengelolaan parkir akan bisa dimaksimalkan pendaparan retribusinya," kata Amarta Pasha, kemarin.

Dijelaskan Amarta Pasha, di kabupaten Badung Bali pendapatan parkir setiap tahunnya yang dikelola Perusahaan Daerah cukup signifikan.

Yakni untuk parkir tepi jalan pendapatan retribusinya mencapai sekitar Rp 12 miliar, dan untuk parkir di pelataran khusus pendapatan retribusinya mencapai sekitar Rp 25 miliar.

Pendapatan retribusi parkir yang dikelola perusahaan daerah itupun dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan.

"Melihat hal itu tentu sangat menggiurkan dalam upaya peningkatan PAD. Dan apa salahnya untuk bisa diterapkan di Kabupaten Malang yang potensi parkirnya juga sangat besar," ucap Amarta Pasha.

Di kabupaten Malang sendiri, menurut Amarta Pasha, retribusi parkir yang dikelola Dinas Perhubungan dinilai cukup rendah.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved