Malang Raya

Mimpi Pemkot Malang di Sektor Industri, Ada Sentra IKM di Setiap Kecamatan

Dengan bertemunya IKM pada pelatihan itu, akan muncul sentra industri di setiap kecamatan di Kota Malang.

SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Dinas Perindustrian Kota Malang mengadakan kegiatan pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat di sektor industri hasil pertanian dan kehutanan tahun 2017 di Hotel Sahid Montana 1, Senin (30/10/2017). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sebanyak 50 industri kecil menengah (IKM) mengikuti pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat di sektor industri hasil pertanian dan kehutanan yang diadakan Dinas Perindustrian Kota Malang di Hotel Sahid Montana 1, Senin (30/10/2017).

Menurut Kepala Dinas Perindustrian Kota Malang, Subkhan, IKM menjadi kekuatan saat krisis ekonomi pada 1998 ketika pabrik dan industri besar hancur.

"Daya saing dan kekuatan pasar IKM sangat kuat meskipun tidak bisa mencapai mancanegara. Tapi industri kecil dan menengah cenderung lebih terjangkau dan kompetitif, serta lebih dibutuhkan," jelasnya.

Jumlah industri yang terdata di Kota Malang adalah sebanyak 3.045 dan di antaranya adalah IKM sebanyak 2.904 dan industri menengah ke atas sekitar 140.

"Sayangnya yang formal dan berijin baru sekitar 53-60 persen, padahal mereka adalah kekuatan ekonomi Kota Malang," lanjutnya.

Ia menambahkan, cukup mustahil untuk membuat sentra industri di Kota Malang. Karena lahan yang dibutuhkan adalah 5.000 meter persegi.

"Sebenarnya sentra industri sangat penting agar dinas tidak kesulitan mencari industri-industri kecil," imbuhnya.

Ia berharap, dengan bertemunya IKM pada pelatihan itu, akan muncul sentra industri di setiap kecamatan di Kota Malang.

"Setidaknya dengan begitu kami lebih mudah untuk memfasilitasi industri dan akses permodalan serta perijinan juga akan lebih mudah," tutupnya. 

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved