Breaking News:

Cara Gampang agar Ponsel Android Makin Kencang

TIPS PRAKTIS - Salah satu cara mudah mempercepat sistem Andorid lama adalah dengan mengurangi atau menon-aktifkan sistem animasi transisi.

Editor: yuli
pixabay
ilustrasi 

SURYAMALANG.com - Android versi lama seringkali melamban dalam merespons perintah.
Bisa jadi, hal tersebut karena perangkat penyimpanan aplikasi terlalu penuh oleh file 'sampah'.

Beberapa langkah pasti sering dilakukan oleh para pengguna Andorid, seperti menghapus cache aplikasi, menghapus atau uninstal aplikasi yang tidak digunakan lagi, menghapus widget, bahkan melakukan factory reset atau mengembalikan kondisi software ke kondisi semula.

Cara yang terakhir diyakini memang ampuh, namun sedikit 'ribet' karena harus mencadangkan semua data dan mengunduh kembali aplikasi yang hilang. Lalu, adakah cara yang lebih cepat tanpa ribet? 

Salah satu cara mudah dan cepat mempercepat sistem Andorid lama adalah dengan mengurangi atau menon-aktifkan sistem animasi transisi.

Salah satu manfaat menggunakan sistem Android adalah pengguna dapat menyesuaikan sistem operasi. Beberapa perubahan pengaturan dapat dilakukan, salah satunya adalah developer mode yang juga mengatur sistem animasi.

Animasi pada perangkat Android membuat semua transisi lebih 'mengalir' dan menimbulkan kesan cepat dan canggih. Namun, lama kelamaan animasi akan nampak seperti video stop motion akibat kinerja Andorid yang melamban.

Dengan mengurangi atau menon-aktifkan animasi, Andorid 'usang' yang mulai lelet akan mulai bekerja lebih cepat.

Berikut adalah langkah mengurangi atau menon-aktifkan sistem animasi yang telah dirangkum KompasTekno dari CNet, Selasa (31/10/2017):

1. Aktifkan developer mode

Pilihlah menu setting atau pengaturan lalu pilih developer option atau opsi bagi pengembang aplikasi Android. Jika belum menemukan opsi pengembang, buka menu About phone lalu pilih menu Device Information atau System.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved