Breaking News:

Malang Raya

Susul UI, Unisma Siap Buka Prodi BIPA, Mahasiswanya akan Melayani Orang Asing

Mahasiswa prodi BIPA ini akan melayani orang asing yang datang ke Indonesia dengan bahasa tutur yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
ILUSTRASI. Mahasiswa baru Unisma mengikuti Orientasi Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (OSHIKA), Senin (4/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Destinasi wisata di Indonesia yang begitu indah, banyak diminati oleh turis asing.

Begitu pula lokasi wisata yang berada di Malang Raya. Potensi yang sangat besar itu tentu harus didukung dengan sumber daya manusia yang berkompeten.

"Destinasi wisata yang dipersiapkan dengan baik, tidak hanya dari segi tampilan namun juga sumber daya manusianya, akan semakin diminati turis asing," ujar Rektor Universitas Islam Malang, Prof Masykuri Bakri pada SURYAMALANG.COM, Minggu (5/11/2017).

Untuk mempersiapkan sumber daya manusia pendukung destinasi wisata, Unisma sedang mempersiapkan pembukaan program studi Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).

"Program BIPA menjadi embrio pembentukan prodi BIPA untuk jenjang S2. Ini sedang persiapan proposal dan Unisma akan menjadi perguruan tinggi kedua setelah UI yang memiliki prodi BIPA," lanjutnya.

Mahasiswa prodi BIPA ini akan melayani orang asing yang datang ke Indonesia dengan bahasa tutur yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

"Sehingga komunikasi bisa lebih akrab," katanya.

Prodi BIPA akan dimulai pada 2018 dan diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia di sektor pariwisata.

Ini juga bentuk kerjasama dengan Direktorat Timur Tengah Ditjen Asia Pasifik dan Afrika Kementrian Luar Negeri RI.

"Khususnya untuk menarik minat pelancong dari Timur Tengah untuk berkunjung ke Indonesia, sehingga bisa terbentuk jalinan persahabatan antar negara," tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved