Maslang Raya

Job Market Fair Disnaker Malang Sediakan 2 Ribu Lowongan, Lihat Kemudahan yang Didapat

Disnaker Kota Malang menyediakan 80 perusahaan yang membuka hampir 2.000 lowongan pekerjaan pada job fair yang berlangsung selama 3 hari.

SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Job Market Fair yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Malang di Balai Merdeka, Rabu (22/11/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Alia Nur Santi (23) sibuk menyusun berkas-berkas yang ia bawa ketika SURYAMALANG.COM mendekatinya.

Ia adalah salah satu dari sekian banyak pengunjung Job Market Fair yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Malang di Balai Merdeka, Rabu (22/11/2017).

"Kemarin sudah sempat kerja selama satu tahun, lalu memutuskan untuk keluar dan mencari peluang kerja yang lain," tutur lulusan salah satu perguruan tinggi swasta di Malang itu.

Alumni Fakultas Sastra itu mengaku pekerjaannya yang sebelumnya yaitu di bidang ekonomi, kurang tepat dengan bidang ilmu dan keinginannya.

"Kemarin hanya asal ambil yang memanggil kerja saja, ternyata tidak sreg," ujarnya.

Disnaker Kota Malang menyediakan 80 perusahaan yang membuka hampir 2.000 lowongan pekerjaan pada job fair yang berlangsung selama 3 hari.

Kabid Pelatihan Disnaker, M Sidik mengatakan dalam Job Market Fair itu juga melakukan layanan penerbitan kartu kuning atau kartu AK1, yaitu kartu berisi informasi mengenai pencari kerja untuk keperluan rekrutmen pekerjaan.

"Tidak sulit membuatnya. Syaratnya hanya fotokopi ijazah terkahir, e-KTP, pas foto, dan surat keterangan atau sertifikat pendidikan formal maupun non formal yang pernah diikuti, atau pengalaman kerja. Bikinnya tidak sampai 10 menit," tuturnya.

Dengan kartu kuning, Disnaker Kota Malang bisa melacak apakah pelamar kerja itu sudah diterima bekerja.

"Perusahaan harus melaporkan jika sudha melakukan rekrutmen, sehingga kepemilikan kartu kuning akan dicabut," tutupnya. 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved