Malang Raya

Hari Disabilitas Internasional, Malang Raya Belum Ramah Disabilitas Karena Faktor Ini

Ada beberapa indikator kenapa Malang Raya belum bisa disebut sebagai kawasan ramah bagi disabilitas. Padahal jumlah disabiltas di Malang Raya banyak.

SURYAMALANG.com/Hayu Yudha
Wali Kota Malang, M Anton memberikan santunan pada anak penyandang disabilitas di Kantor Camat Blimbing, Kota Malang, Sabtu (8/7/2017). Pemberian santunan ini merupakan bagian dari kegiatan pelantikan pengurus Paguyuban Orangtua Penyandang Disabilitas Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Forum Malang Inklusi (Fomi) terus berjuang mewujudkan Malang Raya ramah bagi kelompok disabilitas.

Fomi menilai sampai saat ini tiga daerah di Malang raya masih belum ramah bagi disabilitas.

Menurut salah satu pendiri Fomi yang juga Direktur LBH Disabilitas Jawa Timur Hari Kurniawan, ada beberapa indikator kenapa Malang Raya belum bisa disebut sebagai kawasan ramah bagi disabilitas. Padahal jumlah disabiltas di Malang Raya terdata banyak.

Sampai saat ini Fomi masih mendata jumlah difabel di dua kawasan yakni Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Di Kabupaten Malang terdapat sekitar 12.000 orang difabel, dan di Kota Malang 1.300, sedangkan data dari Kota Batu masih dikumpulkan.

Indikator Kabupaten Malang belum ramah bagi kelompok difabel antara lain belum adanya Perda di kabupaten ini.

"Sampai saat ini Kabupaten Malang belum memiliki Perda. Kami terus mendorong supaya Kabupaten Malang memiliki Perda Disabilitas, mengingat telah ada UU No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," ujar wawa, panggilan akrab Hari Kurniawan kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (3/12/2017).

Oleh karena itu, Wawa mendesak supaya Kabupaten Malang segera menggodok Perda itu mengingat banyaknya jumlah kelompok didafel.

Apalagi, kata Wawa, tema peringatakan Hari Disabilitas Internasional 3 Desember tahun ini yaitu 'Menuju Masyarakat Inklusi yang Tangguh dan Berkelanjutan'.

Jika ingin mengimplementasikan tema itu dan kebijakan daerah berpihak kepada kelompok difabel, maka harusnya daerah segera memiliki Perda.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved