Breaking News:

Nasional

Mengapa Kabar Perceraian Ahok dengan Veronica Tan Menimbulkan Kesedihan bagi Warganet?

Sejak kemarin malam, warganet dihebohkan dengan kabar gugatan perceraian Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Veronica Tan

TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (kiri depan) didampingi istrinya, Veronica Tan. 

SURYAMALANG.COM - Sejak kemarin malam, warganet dihebohkan dengan kabar gugatan perceraian Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Veronica Tan.

Tidak sedikit yang mengungkapkan kekagetan dan kesedihannya ke media sosial.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama warganet patah hati karena perpisahan dua figur publik walaupun biasanya yang menjadi tokoh utama adalah selebriti.

Jika Anda masih ingat, kehebohan serupa juga terjadi pada 2016 akibat perceraian Brangelina.

Dari pandangan psikologi, sikap warganet terhadap hubungan Ahok-Veronica, Brangelina, dan pasangan-pasangan publik lainnya sangat bisa dipahami.

Ini merupakan bukti dari “hubungan parasosial” yang dimiliki masyarakat dengan figur publik.

Diperkenalkan oleh Donald Horton dan Richard Wohl pada tahun 1956 dalam jurnal Psychiatry, hubungan parasosial merujuk pada fenomena  media menciptakan intimasi satu arah dari jarak jauh.

Horton dan Wohl menulis bahwa berbeda dengan masa ketika teater merupakan satu-satunya bentuk drama dan identitas karakter seorang aktor berhenti setelah pertunjukan berakhir; keberadaan televisi dan radio menciptakan “kebingungan identitas” dengan terus menyandingkan fiksi dan kenyataan.

Dengan kata lain, bukannya memisahkan peran seorang aktor sebagai karakter dan pribadinya, kita justru melihat figur publik sebagai penggabungan keduanya.

Bahkan ketika hubungan yang ditampilkan memang fiksi secara harafiah, sebuah riset oleh Jonathan Cohen dari University of Haifa yang dipublikasikan dalam Journal of Social and Personal Relationshipsmenemukan bahwa penonton merasakan emosi nyata terhadap karakter yang ditayangkan di media.

Halaman
12
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved