Breaking News:

Jawa Timur

Bercita-Cita Jadi Guru Matematika, Gadis Ayu Madiun Ini Malah 'Terjerumus' di Dunia Jurnalistik

Saat ini, Ayu sedang menyelesaikan kuliahnya di Universitas PGRI Madiun mengambil jurusan pendidikan Matematika.

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Rahadian Bagus
Al Fian Ayu Azhari 

SURYAMALANG.COM, MADIUN - Wajah gadis berparas ayu ini mungkin sudah tidak asing lagi, khususnya bagi warga Madiun. Maklum, setiap pagi, ia selalu tampil membawakan berita seputar karesidenan Madiun di layar kaca.

Sudah setahun ini, gadis yang pemilik nama panjang Al Fian Ayu Azhari ini menjadi presenter di Kompas TV Madiun. Siapa sangka, wanita yang akrab disapa Ayu ini ternyata masih mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Saat ini, Ayu sedang menyelesaikan kuliahnya di Universitas PGRI Madiun mengambil jurusan pendidikan Matematika.

Sejak kecil, Ayu memang bercita-cita ingin menjadi seorang guru matematika. Namun, sejak bekerja menjadi reporter, Ayu mengaku lebih tertarik untuk mendalami dunia broadcasting dan jurnalistik.

"Dulu waktu kecil punya cita-cita jadi guru matematika. Tapi, sekarang setelah jadi reporter, jadi tahu ada banyak sekali peluang," kata dara yang gemar berburu kuliner ini.

Perempuan kelahiran Pacitan 19 Juni 1996 ini mengaku sempat ragu bisa diterima sebagai reporter dan presenter di Kompas TV Madiun. Sebab, saat ia harus bersaing dengan ratusan pelamar.

Sebelum menjadi presenter, Ayu yang pernah terpilih menjadi Putri Kampus PGRI Madiun 2017 ini sudah memiliki pengalaman menjadi MC. Ia kerap dipercaya menjadi pembawa acara kegiatan di kampus ataupun pensi di SMA.

Berbekal pengalamannya itulah, ia akhirnya diterima menjadi presenter dan reporter KompasTV Madiun.

"Modalku ya cuma bisa ngomong aja, kalau pengetahuan soal jurnalistik masih belum banyak tahu waktu itu," kata pemilik zodiak Gemini ini.

Setahun menjadi reporter dan presenter, Ayu mendapat banyak pengetahuan dan ilmu yang dia dapat. Di antaranya membuat naskah, membuat berita, teknis liputan dan juga mengoperasikan kamera.

"Sekarang setelah jadi reporter, jadi banyak kenal orang, punya banyak teman," kata pemilik akun IG @fianayuu ini.

Meski sudah setahun menjadi presenter, terkadang ia masih merasa grogi ketika membawakan berita. Biasanya, dia berlatih berbicara di depan cermin sebelum mulai direkam di depan kamera.

"Aku masih sering latihan ngomong di depan cermin gitu sebelum di depan kamera, supaya tidak grogi di kamera," katanya.

Ada benyak pengalaman lucu dan berkesan selama ia meliput di lapangan. Ayu menceritakan, misalnya ketika ia sedang meliput kuliner di Madiun, tiba-tiba ada orang yang muncul di belakangnya.

"Pernah waktu liputan kuliner, tiba-tiba ada orang mondar-mandir di belakang, pingin masuk kamera," katanya sambil tertawa.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved