Breaking News:

Malang Raya

Jalan Penghubung Gedangan-Gondanglegi Kabupaten Malang Rusak Parah, Kasihan Pengendara!

Kami berharap ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Malang untuk segera memperbaiki atau membangun kembali jalan rusak ini

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Kondisi jalan di Gedangan Kabupaten Malang rusak parah, Selasa (6/2/2018). 

SURYAMALANG.COM, GEDANGAN - Rusaknya jalan penghubung antar Kecamatan Gedangan dengan Kecamatan Gondanglegi di Kabupaten Malang semakin parah. Selain aspal jalan banyak lubang, sebagian jalan amblas tergerus air hujan.

Salah satu warga Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Mansyur mengatakan, akibat kerusakan jalan tersebut membuat warga sekitar selalu siaga. Mereka siap memberikan pertolongan kendaraan yang mogok atau masuk lubang jalan berlumpur untuk bersama-sama mendorongnya.

"Kondisi itu sudah berlangsung sejak sepekan terakhir, dan kami pun selalu berjaga di jalan rusak tersebut bila sewaktu-waktu ada kendaraan yang terperosok ke lubang jalan berlumpur dan membutuhkan dorongan," kata Mansyur, Selasa (6/2/2018).

Dijelaskan Mansyur, kondisi kerusakan jalan penghubung antar kecamatan tersebut semakin hari semakin parah saja. Ini dikarenakan hujan yang turun cukup lebat dalam dua pekan terakhir. Seperti diketahui, jalan tersebut cukup ramai dilewati kendaraan.

Mulai dari pekerja, pelajar, dan kendaraan pengangkut kebutuhan pokok masyarakat melewati jalan raya Desa Gedangan tersebut. Ini dikarenakan jalan lain memutar untuk menghindari kerusakan jalan tersebut cukup jauh melewati kecamatan lain. Dengan demikian, pengendara terpaksa melewati jalan rusak tersebut dengan meningkatkan kewaspadaan.

"Kami berharap ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Malang untuk segera memperbaiki atau membangun kembali jalan rusak ini," ucap Mansyur.

Hal sama disampaikan Achmad Khariri salah satu perangkat Desa Gedangan. Menurutnya, kerusakan jalan raya Gedangan itu semakin parah saja dari hari kehari. Selain aspal habis, sejumlah bagian jalan amblas, serta pondasi jalan tergerus air hingga mengalami longsor.

"Longsoran pondasi jalan tersebut semakin melebar saja seiring turunya air hujan. Dan kondisi itu diperparah oleh tanah di ruas jalan tersebut cukup labil," kata Khariri.

Ditambahkan Kades Gedangan, Hendik Krisdyanto mengatakan, pihak Pemerintah Desa Gedangan sebenarnya sudah berusaha maksimal dengan melakukan perbaikan sementara dengan menimbun jalan yang rusak tersebut dengan batu koral. Hanya saja, timbunan batu koral di jalan rusak tersebut tidak bertahan lama karena jalan kembali rusak setelah dilewati banyak kendaraan.

"Ya kami pun hanya bisa menunggu langkah dari Pemkab Malang untuk secepatnya memperbaiki jalan penghubung antar Kecamatan tersebut," tutur Hendik.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved