Malang Raya

Mantan Kades di Malang Ini Ditahan Kejaksaan, Diduga Korupsi DD dan ADD

SAU diduga melakukan korupsi dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) tahun 2015 dan 2016.

Mantan Kades di Malang Ini Ditahan Kejaksaan, Diduga Korupsi DD dan ADD
SURYAMALANG.COM/Ahmad Amru Muiz
Mantan Kades Permanu Kecamatan Pakisaji Kabupaten malang, SAU (pakai rompi tahanan) digiring sejumlah petugas Kejari Kabupaten Malang ke mobil tahanan untuk.dibawa ke LP Lowokwaru Malang, Rabu (7/2/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Mantan Kepala Desa Permanu Kecamatan Pakis Kabupaten Malang, SAU, ditahan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Rabu (7/2/2018) .

SAU diduga melakukan korupsi dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) tahun 2015 dan 2016.

Mantan Kades Permanu tersebut dituduh telah merugikan keuangan negara mencapai sekitar Rp 112 juta.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Suseno SH mengatakan, penahanan terhadap tersangka dugaan korupsi yang dilakukan hari ini, dilakukan Kejaksaan untuk memudahkan proses penyidikan.

Di samping itu, penahanan dimaksudkan agar tersangka tidak menghilangkan barang bukti terkait tindak pidana korupsi yang dilakukan tersangka.

"Tersangka kami tahan selama 20 hari ke depan, dan tadi tersangka langsung kami titipkan ke LP Lowokwaru Malang," kata Suseno mendampingi Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Nasri SH, Rabu (7/2/2018).

Dijelaskan Suseno, pihaknya dalam memproses hukum dugaan korupsi DD dan ADD desa Permanu tersebut telah meminta keterangan dari 12 orang saksi.

Di antaranya dari Dinas Pemerintahan Desa Pemkab Malang, Inspektorat Pemkab Malang, Kecamatan Pakisaji, Bagian Keuangan Pemkab Malang, dan perangkat desa Permanu.

Di samping itu, sejumlah barang bukti penyidikan di antaranya APBDes, dokumen pencairan dana, dan LPJ juga sudah diamankan.

"Dari semua keterangan saksi dan bukti semuanya mengarah pada tersangka sebagai pelaku dugaan korupsi. Dan itu diperkuat pengakuan tersangka sendiri kepada penyidik Pidsus," tandas Suseno.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved