Universitas Negeri Malang

Mahasiswa UM Juara Lomba Debat Mahasiswa Bidikmisi

Tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) baru saja mengikuti lomba debat mahasiswa Bidikmisi Nusantara di Bangka Belitung pada 5-6 Maret 2018.

Mahasiswa UM Juara Lomba Debat Mahasiswa Bidikmisi
Tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) baru saja mengikuti lomba debat mahasiswa Bidikmisi Nusantara di Bangka Belitung pada 5-6 Maret 2018. Mereka adalah Imroatul Karimah, Laksamana Fadian Zuhad Ramadhan dan Sofia Ari Murti. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) baru saja mengikuti lomba debat mahasiswa Bidikmisi Nusantara di Bangka Belitung pada 5-6 Maret 2018.

Mereka adalah Imroatul Karimah, Laksamana Fadian Zuhad Ramadhan dan Sofia Ari Murti.

"Kami meraih juara 3," jelas Sofia kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (20/3/2018).

Juara pertama diraih Universitas Jambi. Juara kedua Universitas Andalas. Juara III UM dan juara 4 adalah UGM. Awal ikut dengan mengirimkan file esai dulu dan diikuti 87 perguruan tinggi.

Kemudian disaring menjadi 16 perguruan tinggi. Persiapan untuk event Maret dimulai dengan berlatih debat. Sebab sudah mendapat mosi atau kisi-kisi topik perdebatan.

"Dari beberapa topik kita lakukan studi kasus, riset di internet dan melakukan simulasi berdebat," jelas Sofia.

Dari tim juga melakukan evaluasi serta melihat video debat. Dari kekurangan-kekurangan itu, bisa dijadikan bekal untuk maju ke lomba. Saat kegiatan, dari 16 tim, kemudian menjadi 8 tim. Lalu diambil 4 atau seperempat final.

"Saat perempat final lawan Unsoed. Di semi final melawan UGM," kata dia.

Dari nilai di semifinal itu, skor lebih unggul diperoleh UM sebagai juara 3 dan UGM juara 4. "Dengan ikut debat di Bangka Belitung, kami jadi lebih solid. Namun kami sadari masih ada ego saat perdebatan. Sehingga perlu membangun tim work," ujarnya.

Pengalaman ikut beberapa lomba debat adalah perlu mengenali dewan juri. "Karakter juri beda-beda. Kesempatan mengenal karakter juri biasanya ya sebelum tampil. Ada juri yang lebih mementingkan materi.

Ada juga juri yang suka retorika," papar mahasiswa Fakultas Sastra UM ini. Kini ia berlatih lagi debat untuk lomba yang akan diadakan kemenristekdikti.

"Lomba debatnya dalam Bahasa Inggris," papar Sofia yang sejak SMA ikut lomba debat ini. 

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved